Sosbudpar

Usul Stasiun Bayeman Jadi Transit Wisatawan

PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengusulkan peningkatan status Stasiun Bayeman yang terletak di Kecamatan Tongas menjadi stasiun transit bagi wisatawan yang hendak berlibur di wilayah Bromo. Usulan itu disampaikan, pemerintah daerah dalam kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Pendopo Kabupaten Probolinggo, Kamis (14/2).

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo menyampaikan, diusulkannya Stasiun Bayeman menjadi stasiun transit, tidak lepas dari letak stasiun itu sendiri yang dekat dengan rest area dan gerbang Tol Tongas yang hanya berjarak sekitar 2,1 kilometer.

Disamping itu, stasiun Bayeman juga dekat pusat oleh-oleh khas Kabupaten Probolinggo, yang berjarak sekitar 335 meter. “Harapan kami melalui peningkatan status stasiun ini, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu, juga untuk mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Probolinggo,” jelas Tutug.

Namun demikian, untuk merealisasikannya, Tutug menyebut bahwa pemkab Probolinggo mesti berkomunikasi terlebih dahulu dengan PT. KAI Daop IX selaku pengelola Stasiun Bayeman. “Jadi secara prinsip pemerintah daerah sebatas mengusulkan. Jika memang berdasarkan hasil survei sesuai, maka bisa disinergikan untuk mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk menunjang stasiun Bayeman sebagai stasiun transit wisatawan, setidaknya harus menambah 1 jalur rel kereta api lagi,  atau double track. Sehingga ketika dua kereta melintas bisa jalan bersamaan tanpa harus menunggu.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua rombongan Komisi V H Anton Sukartono Suratto mengaku akan menindaklanjuti peningkatan status Stasiun Kereta Api Bayeman. “Usulan ini akan kami kaji terlebih dahulu. Kalau bentuk bangunannya tetap sebagai heritage, jadi tidak butuh banyak pemugaran. Mungkin hanya perlu pemugaran sedikit, jika nantinya terealisasi,” singkatnya. (tm/awi)


Bagikan Artikel

1 Komentar

  1. Because Bromo is located on the geographic map of Probolinggo district, it should have a transit train station to accommodate visitors coming to Bromo

    Dukun gunung

    Balas

Tinggalkan Balasan