Sosbudpar

Bakal Disulap Layaknya Pantai Duta


TONGAS – Dinas Pemuda Olaharga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo mulai melirik objek wisata pantai Bahak di Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas. Rencananya, pantai potensial ini bakal disulap menjadi objek wisata selayaknya Pantai Randutatah (Duta) di Kecamatan Paiton.

Hal tersebut diungkapkan Musa, Kasi Destinasi Wisata pada Disporaparbud Kabupaten Probolinggo. Ia menyebut, usulan pengembangan objek wisata pantai Bahak serupa dengan Pantai Duta bukan tanpa alasan. Pasalnya karakteristik kedua pantai tersebut relatif mirip.

“Secara karakteristik dan bentuk pantai nyaris sama. Terlebih tanaman bakau, cemara laut dan juga akses jalannya sudah disiapkan. Tinggal melengkapi infrastrukturnya saja, pantai itu bisa jadi objek wisata pantai ketiga yang bisa kita kelola,” ungkapnya, Rabu (13/2).

Musa menjelaskan, untuk mewujudkan setidaknya butuh waktu lebih dari setahun. Karena pada proses pengembangan dan pembangunan infrastruktur yang memadai membutuhkan dana yang besar.

“Berdasar perhitungan konsultan kami, sedikitnya butuh dana Rp 10 miliar untuk menyulap pantai ini agar layak menjadi sebuah tempat objek wisata keluarga yang terintegrasi,” kata Musa.

Dengan besarnya jumlah dana tersebut, diakui Musa akan cukup membebani anggaran daerah jika sumber dana yang dilokasikan adalah APBD. Oleh karena itu, pihaknya berencana pada tahun ini akan mengajukan proposal bantuan pengembangan objek wisata kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Harapan kami pada tahun 2020 sudah bisa mulai membangun. Karena kami optimis usulan kami itu akan diterima pusat, mengingat pembangunan infrastruktur objek wisata ini selaras dengan program pengembangan pariwisata secara Nasional,” tandasnya. (tm/awi)

 

 

 


Bagikan Artikel