Sosbudpar

Di Satu Abad NU, Wagub Emil Sampaikan Perjuangan Ulama dan Santri


PROBOLINGGO – Tasyakuran dan Respsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar Pengurus Cabang NU Kota Kraksaan, Kamis (23/2), dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak.

Saat memberikan sambutan, Wagub Emil menyebut bahwa berdirinya bangsa Indonesia karena berkat jasa dan perjuangan para ulama dan kaum santri dari Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

Perjuangan para ulama dan kaum santri, kata Emil, adalah bentuk kehebatan organisasi Jam’iyyah Nahdlatul Ulama yang saat ini sudah berusia 1 abad dan kini menjemput abat ke 2.

“Berkat perjuangan ulama dan santri NU, bangsa ini berdiri kokoh. Itulah hebatnya NU,” sebut Wagub Emil saat sambutan di acara Tasyakuran dan Respsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gedung Islamic Center Kraksaan.

Lebih lanjut, Emil menilai, bahwa NU memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk terus menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita semua bisa melihat dan merasakan bagaimana NU terus berkomitmen menjaga ideologi Pancasila dari orang-orang atau kelompok yang mempertentangkan antara Pancasila dan Agama,” jelas Emil.

Pancasila dan Agama, lanjut Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu, bukan sesuatu yang bertentangan, sebab nilai-nilai dari lima sila yang ada dalam Pancasila adalah nilai-nilai yang sangat religius.

“Nilai-nilai Pancasila dari kelima sila itu sama sekali tidak ada yang bertentangan dengan nilai-nilai Agama. Karena relevansi itu sampai hari ini dan kapan pun tak akan ada yang bisa merusak dan merubah ideologi kita dalam berbangsa,” tegas Emil. (ar/ra)


Bagikan Artikel