Sosbudpar

Ke Probolinggo, Kapolri Tekankan Arti Penting Pancasila


PROBOLINGGO – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Kabupaten Probolinggo, Sabtu (1/10) malam. Ia menghadiri perayaan ulang tahun atau milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin Pondok Pesantren Nurul Qodim, Kecamatan Paiton.

Di depan ribuan jamaah yang hadir, Kapolri berpesan berbagai hal. Salah satunya meminta seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga dan setia kepada pancasila sebagai ideologi bernegara.

“Milad ke-17 ini bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Maka dari itu pancasila harus bersama-sama kita jaga dari siapa saja yang ingin merubah ideologi bernegara kita,” tegasnya.

Ia menyatakan, dijadikannya pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara itu sudah dipikirkan oleh para pendiri bangsa ini. Sehingga adanya kelompok-kelompok yang menginginkan ideologi pancasila diubah, harus dilawan.

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah berulang kali diuji dengan hadirnya ideologi baru. Namun semua itu gagal dan justru membuktikan bahwa hanya ideologi pancasila yang cocok untuk kita bersama.

“Ini yang selalu saya ingatkan, khususnya bagi adik-adik generasi muda. Sebab berbagai cobaan dan tantangan terhadap pancasila ini selalu terjadi,” papar Kapolri.

Kapolri bersyukur dapat langsung hadir pada kegiatan puncak milad ke-17 majelis yang banyak digandrungi kalangan anak muda itu.

“Alhamdulillah di milad yang ke-17 ini saya dapat hadir langsung bersama-sama dengan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Qodim,” ungkap Kapolri.

Sekedar informasi, hadir sejumlah pejabat pemerintah dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo beserta sejumlah pejabat lainnya.

Hadir juga Aminuddin Ma’ruf, Staf Khusus Presiden RI, serta Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah yang mengisi tausyiah dalam Milad ke-17 Majelis Syubbanul Muslimin tersebut. (ar/eem)


Bagikan Artikel