Sosbudpar

Dilantik, Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Kenang Jasa Kiai Syihab


PROBOLINGGO – Terbentuknya kembali Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Probolinggo, tak lepas dari jasa Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kraksaan Almarhum K.H. Syihabuddin Sholeh atau yang akrab disapa Kiai Syihab.

Hal itu disampaikan Ketua DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo, Babul Arifandie saat sambutan perdana sebagai ketua usai dikukuhkan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sarbumusi Jawa Timur di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Rabu (21/9).

Mengawali sambutannya, Babul menyampaikan rasa duka mendalam telah kehilangan sosok seperti Kiai Syihab. Pasalnya, lahirnya DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo tak lepas dari sumbangsih pemikiran luar biasa dari almarhum yang saat itu sebagai PCNU Kraksaan.

Dikatakan, organisasi serikat buruh yang menjadi Badan Semi Otonom (Banom) NU itu sempat vakum sekitar selama satu dekade di Kabupaten Probolinggo. Berkat pemikiran almarhum, Sarbumusi Kabupaten Probolinggo itu pun kini terbentuk dan dikukuhkan.

“Sebelum mengawali sambutan ini. Kami menyempatkan untuk mengirim Surat Al-Fatihah kepada Almarhum K.H. Syihabuddin Sholeh. Berkat pemikiran beliau Sarbumusi yang saat ini dikukuhkan dapan kembali berdiri,” katanya.

Dijelaskan, Sarbumusi Kabupaten Probolinggo sungguh sangat kehilangan sosok Almarhum Kiai Syihab. Pasalnya, Ketua PCNU Kraksaan itu wafat bertepatan dengan penyelenggaraan Konfrensi Cabang (Konfercab) Sarbumusi Kabupaten Probolinggo 2022.

“Beliau wafat di hari kami melaksanakan konfrensi cabang. Beberapa jam usai konfercab beliau meninggalkan kita semua. Beliau menjadi sosok yang banyak memberi ide terkait terbentuknya kembali Sarbumusi Kabupaten Probolinggo,” ucap Babul. (ar/ra)


Bagikan Artikel