Sosbudpar

Kakek Pengemis Tukang Sawer Biduan Diciduk Satpol PP


PROBOLINGGO – Seorang kakek pengemis asal Kabupaten Probolinggo tengah viral di berbagai media sosial. Pasalnya, ia terciduk kamera sedang berjoget ria sambil nyawer biduan di sebuah acara hajatan. Akibatnya, si kakek diamankan petugas Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo, Selasa (2/8).

Si kakek dimaksud berinisial M (58). Ia adalah warga Desa Alastengah, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Ia diamankan petugas Satpol PP saat mengamen di lampu merah Kraksaan Wetan, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 13.30 WIB.

Pejabat Fungsional Ahli Muda pada Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Budi Utomo mengatakan, si kakek diamankan karena dinilai menganggu ketertiban masyarakat.

“Setelah mengetahui adanya video yang viral itu, kami langsung bergerak cepat mengamankan pengemis tersebut. Uang hasil meminta itu kok ya digunakan untuk nyawer di acara dangdutan. Selain itu, ia juga kerap kali memaksa ke pengendara,” beber Budi.

Selain mengamankan kakek yang tengah viral itu, pihaknya juga mengamankan pengemis lainnya. Total ada 5 gelandangan dan pengemis yang diamankan petugas dalam razia yang digelar sejak Senin (1/8) itu.

“Terkait 5 orang ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK, red) untuk ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Pihaknya memberi peringatan kepada lima orang yang diamankan, termasuk lansia yang tengah jadi sorotan publik itu untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. Sebab aktivitas mereka merugikan orang lain dan mengganggu aktivitas pengguna jalan.

“Jika mengulangi lagi akan kami serahkan ke pihak berwajib. Kami sangat menyayangkan kelakuan mereka, terutama lansia itu. Kok bisa-bisanya nyawer di acara dangdutan dari hasil ngemis. Itu tidak baik,” kata Budi. (ar/eem)


Bagikan Artikel