Sosbudpar

Tiket Kereta Api Tersisa 10 Persen


PROBOLINGGO – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember menyebut sebanyak 90 persen atau sebanyak 113.625 tiket kereta api telah terjual jelang momen mudik lebaran tahun ini. Dari angka tersebut hanya menyisakan sekitar 12.455 tiket atau hanya 10 persen saja dari total 126.080 tiket yang tersedia.

Plh Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember Tohari mengungkapkan, tingginya okupansi calon penumpang yang telah memesan tiket itu. Tak terlepas dari adanya kebijakan pemerintah yang telah mengijinkan dilakukannya mudik bagi seluruh warga tahun ini.

“Tahun ini terjadi lonjakan jumlah calon penumpang yang sangat signifikan. Adanya kebijakan diijinkannya mudik tahun ini, sangat berdampak pada animo masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api,” ungkapnya, Rabu (27/4).

Disebutkannya sebanyak 113.625 calon penumpang yang telah memesan tiket KA jarak jauh/Menengah itu. Mayoritas dengan tujuan daerah seperti Yogyakarta, Malang, Purwokerto, Cilacap dan Cirebon.

“Adapun jumlah penumpang yang naik dan turun di sejumlah stasiun yang masuk wilayah kerja Daop 9 di periode 22-27 April. Yakni sejumlah 27.359 penumpang naik dan 29.168 penumpang turun,” jelasnya.

Meski hanya menyisakan 10 persen tiket yang tersisa. Namun Tohari mengatakan bila scara umum ketersediaan tiket kereta api di wilayah PT KAI Daop 9 Jember untuk tiket Khusus KA Jarak Menengah/Jauh masih banyak tersedia. Utamanya untuk keberangkatan perjalanan KA setelah tanggal 27 April 2022.

“Misalnya KA Wijaya Kusuma (Ketapang-Cilacap) berangkat Stasiun Ketapang 11.30 Wib, Mutiara Timur (Ketapang-Yogyakarta) berangkat Stasiun Ketapang 17.30 Wib, Ranggajati (Jember-Cirebon) berangkat Stasiun Jember 05.10 Wib dan Logawa (Jember-Purwokerto) berangkat Stasiun Jember 05.00 Wib, jumlah kursinya masih cukup banyak tersedia,” katanya.

Tak lupa dia mengingatkan kepada seluruh penumpang dan calon penumpang kereta api. Jika penerapan protokol kesehatan adalah syarat mutlak yang harus diikuti selama dan ketika menggunakan fasilitas dari PT. KAI. “Tetap taati protokol kesehatan tanpa terkecuali. Demi segera berakhirnya pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel