Sosbudpar

Ilalang Bromo Jadi Primadona


SUKAPURA – Zona Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali menunjukkan fenomen alam yang indah. Kali ini berseminya bunga ilalang di hamparan savana lautan pasir Bromo. Tak ayal tempat itu menjadi favorit para wisatawan sejak sepekan terakhir untuk membuat berbagai dokumentasi dan karya fotografi.

Teguh selaku guide wisata Bromo mengatakan jika para pengunjung sangat antusias. Biasanya, mereka yang datang ke Gunung Bromo mengunjungi empat lokasi. Seperti penanjakan, kawah, bukit Teletubis dan pasir berbisik.

Namun untuk sepekan terkhir, tak sedikit pengunnung yang mampir ke kawasan savana yang ditumbhi ilalang. “Memang sudah ramai dikunjungi, memang bagus. Wisatawan yang melihat minta berhenti sejenak di situ” jelas Teguh.

Kebanyakan mereka mengabadikan momen indah tenpat itu dengan kamera ponselnya. Ada juga yang memang niat untuk mengambil foto menggunakan kamera DSLR. “Prewed juga ada yang di sini,” jelasnya.

Teguh kembali menguraikan, jika ilalang pada musim tertenu akan berbunga dan mengeluarkan semacam kapas. Tumbuhan itu tersebar di beberapa spot lautan pasir. Sebenarnya di luar kawasan juga banyak namun di wilayah Bromo semua ilalang bersemi lebih indah dengan dikelilingi bukit hijau. “Kalau di tempat lain gak ada seperti itu,” jelasnya,

Sementara itu, pengunjung asal Semarang Ayu Indah Mustika mangaku kagum dengan keindahan Gunung Bromo. Saat musim hujan apalagi ilalang yang tumbuh subur menambah keindahan tersendiri. “Ini saya baru tahu kalau indahnya seperti ini, jadi gak rugi jauh-jauh dari Semarang ke Gunung Bromo,” jelasnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel