Sosbudpar

Salah satu potensi wisata yang belum dimanfaatkan secara maksimal di bidang advanture yakni di Desa Purut, Kecamatan Lumbang. (Choirul Umam Masduqi/Koran Pantura)

Hutan Purut Potensi Wisata Adventure


LUMBANG – Hutan jati di kawasan Desa Purut Kecamatan Lumbang sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal, kawasan tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata advanture di Kabupaten Probolinggo.

Selain memberikan pemandangan yang bagus, kawasan hutan in juga masih asri. Bagi mereka yang cinta petualangan, sangat cocok untuk menjajal jalan di hutan tersebut. Beberapa bagian lainnya juga menyajikan pertanian padi di dalam hutan. Selain itu, flora fauna yang masih terajga dengan baik.

Untuk jalur, tidak hanya untuk fun touring yang bisa dilalui oleh mobil biasa, di hutan ini juga menyediakan jalur yang cocok untuk mobil dengan off road. “Jadi tinggal milih, kalau misalkan untuk wisata advanture cocok banget, tergantung permintaan dari tamu,” jelas salah satu pegiat wisata Catur Riska.

Masih kata Catur, selain masih menyajikan keaslian hutan, tempat ini juga menawarkan trek off road yang menantang. Bahkan beberapa kali mobil dobel gardan itu harus saling membantu dengan tambang pengerek. “Tinggal milih jalur, apa mau yang biasa, atau yang luar biasa,” katanya.

Catur sendiri mengungkapkan kawasan hutan Purut, Lumbang ini memang cocok untuk dikembangkan. Apalagi di kecamatan lumbang ada tempat wisata lain yang bisa terintegrasi. Seperti kawasan Kaligede Desa Lumbang, air terjun Madakaripura hingga ke Puncak Kembang Desa Sapih. “Mudah mudahan ke depan ada yang garap ini, karena memang sangat bisa untuk jadi wisata baru, tinggal dikonsep dengan baik,” harapnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel