Sosbudpar

Tuntas Dibangun, Pantai Bahak Tongas Siap Dikunjungi


PROBOLINGGO – Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo tuntas siap dikunjungi. Pantai ini telah tuntas dibangun fasilitas pendukung. Pantai Bahak dirancang khusus untuk menjadi wisata penunjang wisata Gunung Bromo.

Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo tuntas pembangunannya pada Rabu (12/1) kemarin. Kawasan pantai yang dirancang khusus untuk menjadi wisata penunjang Gunung Bromo itu telah siap untuk dikunjungi wisatawan.

Merujuk pada laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Probolinggo, tahun lalu Pantai Bahak digerojok 12 paket proyek infrastruktur. Ini yang terbanyak dibandingkan obyek wisata lain di Kabupaten Probolinggo. Seperti di Pusung Agung, Sukapura; yang hanya empat paket.  Seruni Point Bromo satu paket, dan Puncak P-30 yang juga hanya satu paket.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan atau Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyono mengatakan, pengerjaan 12 paket infrastruktur Pantai Bahak yang digarap sejak pertengahan tahun lalu itu telah tuntas. Maka secara keseluruhan Pantai Bahak telah siap untuk dioperasionalkan sebagai salah satu wisata penunjang kawasan Bromo.

“Pantai Bahak menjadi penunjang wisata Bromo Tengger Semeru. Semua proyek infrastruktur daahya berasal dari Kementerian Pariwisata,” ungkapnya, Rabu (12/1) kemarin.

Adapun sejumlah proyek infrastruktur dari 12 paket pengerjaan yang telah selesai digarap. Di antaranya ialah fasilitas toilet, gazebo, tempat parkir, tempat ibadah, talud, menara pandang, pedestrian dan broadwalk. “Anggaran totalnya mencapai sekitar Rp 7,9 miliar,” ujarnya.

Tak berhenti sampai di situ saja, Sugeng menambahkan jika pembangunan infrastruktur khususnya pengembangan wisata akan tetap ada tahun ini. Objek wisata Pantai Bentar akan menerima gelontoran dana lebih banyak lagi, yakni sekitar Rp 11 Miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat. “Pelaksanaannya tahun ini, kita tunggu saja,” katanya.  (tm/iwy)


Bagikan Artikel