Sosbudpar

NU Kraksaan Kirim Bantuan dan Relawan


KRAKSAAN – Bencana erupsi Gunung Semeru yang menimpa Kabupaten Lumajang mendapat perhatian dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ (PCNU) Kota Kraksaan. Selasa (7/12) pagi, sejumlah bantuan diberangkatkan dari kantor PCNU setempat di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan.

Ketua Tanfidziyah PCNU setempat KH. Syihabuddin Sholeh mengatakan, bantuan yang disalurkan pihaknya ini bertujuan untuk mengurangi beban dan kebutuhan korban yang saat ini sedang berada di tempat pengungsian. Serta sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban.

Ia menyebut ada 1 pikap dan 4 mobil NU yang diberangkatkan ke Lumajang. Kendaraan tersebut mengangkut bantuan yang terdiri dari berbagai macam logistik, serta sembako.

“Meski bantuannya tidak terlalu besar, semoga saja ini bisa mengurangi beban mereka yang terdampak,” katanya.

Selain bantuan tersebut, pihaknya juga menerjunkan sejumlah personil untuk dijadikan relawan. Total ada sekitar 28 orang yang dikerahkan. Terdiri dari 2 PCNU, 5 Lazisnu, 3 LPBI, 4 Banser, 11 orang dari IPNU dan IPPNU, 1 orang dari LTN, dan 2 orang dari JQHNU.

“Nantinya personil ini akan kami ganti setiap 2 hari dengan personil yang lain, biar kesehatan dari relawan ini terjaga dan tetap maksimal dalam memberikan bantuan,” terangnya.

Pihaknya pun mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak PCNU Lumajang. Tujuannya agar penempatan personil tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lokasi penanganan erupsi.

“Tentunya kami akan terus melakukan koordinasi, agar ketika pergantian personil, pos-pos penemoatannya itu bisa disesuaikan,” paparnya.

Sementara itu, Rais Syuriah PCNU setempat KH. Abdul Wasik Hannan juga mendoakan para korban agar diberi keselamatan. Selain itu, pengasuh pondok pesantren Miftahul Ulum ini juga mendoakan kesehatan bagi para relawan yang diterjunkan.

“Semoga kondisi di Lumajang bisa segera pulih, dan korban bisa diberi ketabahan dalam menghadapi ujian ini,” ujarnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel