Sosbudpar

Siapkan Rp 12 Miliar, Rombak Pantai Bentar


PROBOLINGGO – Untuk meningkatkan daya tarik dan kenyamanan bagi para wisatawan, Pemkab Probolinggo berencana merombak objek wisata Pantai Bentar. Untuk itu, disiapkan anggaran senilai total Rp 12 miliar  dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengungkapkan, rencana pengembangan objek wisata Pantai Bentar saat ini masih dalam tahapan pembuatan Detail Engineering Design (DED) atau cetak biru. Namun demikian dipastikan tahun depan objek wisata Pantai Bentar akan mendapatkan pembenahan dan penambahan fasilitasnya.

“Tahun ini kita memang fokus di pantai Bahak Tongas, Seruni Point Sukapura, dan P-30 Sumber. Untuk tahun depan giliran pantai Bentar yang kita benahi,” ujar Sugeng Wiyanto, Minggu (21/11).

Dijelaskan, proses perombakan objek wisata Pantai Bentar itu akan difokuskan pada penambahan sarana dan prasarana penunjang wisata. Entah itu penambahan wahana permainan baru, atau berupa pembangunan fisik penunjang lainnya.

“Saat ini kami belum bisa ungkap detailnya. Namun yang jelas akan ada boardwalk dan sejumlah sarana penunjang wisata lainnya. Tambahan wahana ini penting, demi menarik minat kunjungan wisatawan,” jelasnya.

Dipaparkannya pula dengan kondisi wisata yang kini tengah terpuruk akibat pandemi Covid -19, Disporaparbud tak bisa berbuat banyak. Sebab, ada kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan penutupan seluruh kawasan objek wisata, demi mencegah penularan Covid-19.

“Semoga saja ditahun depan pandemi covid-19 ini segera berakhir. Namun demikian, saat ini kami terus berupaya meningkatkan pelayanan wisata dengan melatih SDM dan menambah sarana dan prasarana yang diperlukan,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel