Sosbudpar

3 Arca Kaliacar Akan Dipindah


PROBOLINGGO – Tiga arca atau patung kuno yang ditemukan di Dusun Bendungan, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading akan segera dipindah oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Langkah ini dilakukan untuk memaksimalkan proses perawataan terhadap ketiga patung tersebut.

Kasi Sejarah, Cagar Budaya, dan Permuseuman pada Disporaparbud Shemi Hadi mengatakan, pihaknya sudah memantau dan mengamati secara langsung ketiga patung jenis primitif tersebut pada Selasa (16/11) lalu bersama tim dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim. Dari itu, ia kemudian berencana untuk memindahkan patung tersebut ke kantornya guna menjaga kelestariannya.

“Kami atas nama pemerintah daerah akan berikirim surat resmi kepada Desa Kaliacar untuk diteruskan kepada penemu, terkait pemindahannya. Ini demi pengamanan arca itu, akan kami bawa ke kantor,” kata Shemi, Rabu (17/11).

Pemindahan arca dari rumah Jamaluddin ke kantor Disporaparbud juga bertujuan mempercepat proses register ketiga arca berbentuk monyet tersebut sebgai penemuan baru, baik di tingkat daerah Jawa Timur maupun di tingkat nasional. Sebab menurutnya, register tersebut merupakan syarat untuk dilakukannya penelitian lebih mendalam dari pihak BPCB Jatim.

“Kalau sudah diteliti, nanti kan ketahuan, arca ini dibuatnya pada tahun berapa, apa pada masa animisme-dinamisme, atau sudah masuk pada masa kerajaan-kerajaan. Dari penelitian itu juga nanti bisa disimpulkan, apa masuk sebagai peninggalan cagar budaya atau bukan,” ujarnya.

Ia pun berharap, kepada pihak desa dan Jamaluddin tidak merasa keberatan atas rencana pihaknya tersebut. Sebab, pemindahan arca ini juga bertujuan untuk mengungkap fakta sejarah terkait pembuatan patung tersebut.

“Terlebih, pada saat ditemukan juga ada semacam benda tajam seperti keris yang biasa dipasang di ujung tombak yang lokasinya tepat berada di samping arca tersebut. Makanya kami harapkan kerjasamanya untuk langkah penelitian berikutnya,” paparnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel