Sosbudpar

Alun-Alun Kraksaan Segera Direhab


KRAKSAAN – Alun-alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo akan segera direhab oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Anggaran rehab tersebut senilai Rp 320 juta. Ada sejumlah pepohonan baru, sarana bermain anak, serta lampu penerangan yang dipasang di alun-alun Kraksaan.

Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup pada DLH setempat Ari Suciati mengatakan, saat ini rencana rehab alun-alun tersebut sudah proses lelang. “Kalau sudah selesai lelang, tentu pengerjaan perbaikannya akan segera dimulai,” katanya, Minggu (31/10).

Menurutnya, anggaran rehab tersebut cukup terbatas. Sehingga pihaknya tidak bisa merehab seluruh bagian alun-alun. Hanya sisi sebelah selatan atau sisi yang berdekatan dengan jalur pantura Kraksaan yang akan diperbaiki.

“Agar pengendara yang melintas di jalur pantura bisa melihat langsung keindahan alun-alun. Selain itu, sisi sebelah selatn ini memang termasuk yang paling ramai dikunjungi,” terangnya.

Ari Suciati menerangkan, pihaknya akan menambah sejumlah pepohonan untuk menambah kerindangan di sisi tersebut. Selain itu juga menambah sejumlah lampu penerangan agar ketika malam hari, keindahan sisi depan alun-alun bisa terlihat lebih jelas.

“Dengan semakin banyak pohon, kualitas udara akan semakin baik dan tidak terlalu panas pada siang hari. Selain itu, konsep rehab ini juga untuk menambah sarana permainan anak,” ungkapnya.

Ia berharap jika alun-alun selesai direhab, pengujung bisa turut menjaga fasilitas yang ada. Termasuk ikut serta menjaga kelestarian pepohonan yang akan segera ditanam pihaknya. Sehingga, keindahan alun-alun bisa tetap terjaga. “Karena ini fasilitas publik, tentu kami juga berharap pengunjung bisa menjaganya. Setidaknya dengan menjaga kebersihan,” harapnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel