Sosbudpar

Perbaikan Madakaripura Masih Lama

LUMBANG – Bencana longsor yang terjadi di kawasan wisata air terjun Madakaripura Kabupaten Probolinggo merusak fasiltas di tempat tersebut. Renananya, fasilitas yang rusak itu akan diperbaiki pada triwulan kedua oleh Disporaparbud.

Petugas dari pihak pengelola wisata air terjun Madakaripua memeriksa bangunan yang rusak akibat longsor. (Choirul Umam Masduqi/Koran Pantura)

Plt Kepala Disporapabud Tatok Krismahento mengungkapkan untuk pembangunan fasilitas berupa ruang pertemuan tersebut sudah dialokasikan dari anggaran perawatan. Karena perawatan, anggaran yang disiapnya pun tidak banyak, hanya sekitar Rp 25 juta. “Insya Allah cukup, karena memang untuk perawatan gak banyak,” jelas Tatok.

Rencananya, pembangunan fasilitas ini akan dilakukan pada trwiulan kedua atau sekitar maksimal pada Juni mendatang. “Triwulan kedua kita jadwalkan digarap,” katanya.

Sementara, untuk MCK sendiri pihak Disporapabud akan berkoordinasi dengan pemerintah desa (pemdes) setempat. Sebab, bangunan MCK yang hancur diterjang batu berukuran besar itu dibangun pihak desa. “Nah itu nanti urusan desa,” ujarnya.

Sebelum tanah longsor akhir pekan kemarin, infrastruktur jalan juga rusak karena diterjang banjir. Pihak Disporaparbud sebagai pengelola wisata ini membangun fasilitas sementara berupa jembatan dari bambu.

Meski lebih dulu rusak, namun untuk akses jalan yang rusak ini belum bisa dibangun dalam waktu dekat. “Kita akan usulkan untuk perbaikan tahun depan. Untuk sementara, kita pakai jembatan dari bambu. Insyallah masih aman,” jelasnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan