Sosbudpar

2021, Jumlah Wisatawan Jeblok


PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo menyimpan potensi wisata alam yang seakan tidak pernah habis. Ada wisata bahari hingga panorama alam pegunungan. Semuanya memiliki pesona yang menakjubkan. Sehingga cukup mudah menarik minat para penikmat wisata.

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda, angka kunjungan ke obyek wisata di Kabupaten Probolinggo pada tahun 2021 menurun drastis. Terlebih lagi, sejak pemerintahan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Situasi tersebut terjadi dalam kurun 7 bulan terakhir, dari Januari hingga Juli 2021.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyono mengatakan, berkurangnya jumlah pengunjung tak terlepas dari dukungan pihak pegiat wisata atas kebijakan pemerintah selama masa Pandemi Covid-19 yang melanda.

“Tentunya dukungan ini sangat membantu pemerintah dalam mengentas dan mempersempit ruang sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Khususnya di sektor pengunjung wisata,” kata Sugeng, Rabu (15/9).

Oleh karena itu, setelah destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo dibuka kembali, pengunjung wisata agar tidak lengah dan lalai. Khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata.

“Tidak hanya pengunjung saja. Pegiat wisata di beberapa destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo juga kami minta tidak lalai menerapkan protokol kesehatan. Ini semua untuk kebaikan semuanya, baik untuk wisata ataupun ekonomi masyarakat di sekitar wisata,” tuturnya. (yek/eem)


Bagikan Artikel