Sosbudpar

PPKM Longgar, Terminal Mulai Ramai


PROBOLINGGO – Pelonggaran terhadap kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat jasa transportasi umum hidup lagi. Hal itu terlihat di terminal Bayuangga Kota Probolinggo, kemarin (7/9). Penumpang nyaris sama seperti hari normal sebelum pandemi Covid-19 merebak.

Berdasar pantauan Koran Pantura, jurusan yang paling banyak dicari adalah Probolinggo – Surabaya – Madura dan Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi. Pasalnya, banyak penumpang adalah buruh dan karyawan yang bekerja di Kota Surabaya atau Pulau Bali yang dipanggil kembali bekerja.

Hal itu pun mengundang para pedagang asongan dan para pengamen seperti biasanya. Intensitas mereka naik bus berulang sampai lima kali, saking hausnya akan penghasilan. Namun penumpang nampak bosan dan terganggu dengan kehadiran mereka. Bahkan ada yang tidak membeli dan hanya mesedekahkan uang Rp 5.000 untuk membantu mereka yang kebingungan menjual dagangan.

Seorang penumpang bernama Dullah mengatakan bahwa yang sepi penumpang adalah jurusan Probolinggo – Malang dan Probolinggo – Jember. Dia perhatikan bus ngetem lama, sehingga memutuskan untuk memilih bus Patas dengan tarif Rp 50 ribu.

“Sementara kalau bus biasa tarifnya Rp 30 ribu per orang untuk menuju Malang,” kata Abdullah. Dia punya urusan penting terkait administrasi perkuliahannya.

Terpisah, salah satu kernet bus Jurusan Probolinggo – Banyuwangi Ahmadi menyatakan sangat bersyukur dengan ramainya penumpang. Walaupun sudah ada separo penumpang yang masuk, dia mengakui bus tidak berangkat dan ngetem. “Ini karena kami kejar setoran untuk mengisi kekosongan kas perusahaan selama PPKM lalu, dan untuk perbaikan beberapa bus di markas,” jelasnya.

Sementara itu, Nisa, adalah salah satu penumpang yang disiplin terhadap protokol kesehatan. Dia memilih menumpang bus Patas agar bisa menjaga physical distancing saat perjalanan di bus. “Ini membludak banget. Saya pilih Patas karena jarang orang yang naik agar bisa menerapkan prokes,” ujar warga Pasuruan itu. (ra/iwy)


Bagikan Artikel