Sosbudpar

Singa TWSL Terindikasi Bunting


PROBOLINGGO – Singa betina bernama Jane di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo, terindikasi bunting. Salah satu indikatornya ialah muncul puting susu pada tubuh Jane. Nah, guna memastikan kebuntingan Jane, petugas TWSL terus memantaunya melalui Closed Circuit Television (CCTV).

Kepala UPT IPLH Akbarul Husaini mengatakan salah satu indikasi kebuntingan singa terlihat dari puting susu yang muncul mencolok. Tetapi, Akbar masih harus memastikan apakah Jane bunting atau tidak.

Pria yang akrab disapa Akbar ini menyampaikan bahwa proses perkawinan telah antara singa jantan dan betina sudah direalisasikan. Menurutnya, jika singa tersebut dipastikan bunting, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Saman Safari Indonesia (TSI) II Prigen Pasuruan. “Apakah ada perawatan khusus pada masa kebuntingan sampai dengan melahirkan. Tapi kalau perhatian khusus, tentu ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, tambah Akbar, pihaknya memasang Closed Circuit Television (CCTV) untuk memastikan perilaku Jane. Biasanya, jika ada perubahan perilaku, singa betina akan menjauh dari kawanan atau pasangannya. “Mendekati proses melahirkan, dia akan mencari tempat persembunyian untuk melahirkan,” katanya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel