Sosbudpar

Peduli, Zulmi Tanam Cemara Gunung


SUKAPURA – Zulmi Noor Hasani, founder Hasan Foundation, bersama rombongan gowes dari Surabaya, Sabtu (28/8) lalu melaksanakan penanaman pohon cemara gunung di kawasan lereng Gunung Bromo, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Kegiatan itu dipadukan dengan gowes di jalur Cemoro Tigo jalur sepeda angin.

Rombongan tersebut mengawali aktivitas dengan mengambil start dari kawasan Mentigen, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura. Kemudaian mereka menyusuri jalan tanah dan paving sepanjang kurang lebih 17 kilometer hinga finish di kantor Kecamatan Sukapura.

Sebelum sampai ke finish, rombongan menyempatkan diri untuk menanam pohon cemara gunung. Hal ini dilakukan sebagai dukungan terhap pelestarian kawasan Gunung Bromo.

Penanaman itu sendiri dilakukan di sepanjang jalur. Hanya, penanaman secara simbolis dilakukan di Pos 1 Cemoro Tigo di Desa Ngadirejo Kecamatan Sukapura. “Cemara gunung itu kuat, jadi layak untuk diperbanyak. Makanya, kami dan teman-teman dari SIER Surabaya berkolaborasi untuk hal ini,” kata Zulmi.

Penanaman pohon yang dibalut dengan gowes jalur Cemoro Tigo itu juga menjadi salah satu promosi terhadap wisata Gunung bromo. Artinya, wisata Gunung Bromo juga bisa  dinikmati dengan cara gowes. Jalur sepeda yang tersedia menyajikan pemandangan yang bagus “Jadi, cocok untuk pecinta sepeda,” katanya.

Zulmi berharap, ke depan, jalur wisata seperti ini bisa lebih menggeliat dan bisa dikenal oleh masyarakat luar. “Jadi wisatanya dapat, sport tourism juga dapat. Bagi yang belum mencoba, harus dijajal,” katanya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel