Politik & Pemerintahan

1.106 Pelamar CPNS Tak Lolos


KRAKSAAN – Animo warga Kabupaten Probolinggo untuk menjadi abdi negara cukup tinggi. Pada seleksi yang digelar Pemkab Probolinggo saat ini, ada 4.028 warga yang tercatat mendaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.106 pelamar di antaranya dinyatakan gagal lolos tahap administrasi.

Berdasar data Koran Pantura, formasi CPNS yang tersedia sejumlah 382 formasi. Terdiri dari 313 tenaga kesehatan dan 69 tenaga teknis. Formasi itulah yang akan diperebutkan oleh 2.922 pelamar yang telah lolos administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifudin mengatakan, seleksi administrasi sudah selesai dilaksanakan. Hasilnya telah diumumkan di situs resmi Pemkab Probolinggo. “Berdasarkan tahapan, ada masa sanggah atau pengaduan dari tanggal 4 – 6 Agustus,” Kata Hudan.

Jika pada masa sanggah tidak ada sanggahan masuk, maka hasil seleksi yang diumumkan tersebut dianggap final dan tidak dapat diganggu gugat. Publik juga dinyatakan menerima keputusan panitia seleksi daerah. “Maka tahap selanjutnya yaitu SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) akan dilaksanakan,” ujarnya.

Pemkab Probolinggo juga membutuhkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru. Jumlah yang dibutuhkan adalah sebanyak 462 formasi. Terdiri dari 384 tenaga kesehatan dan 78 tenaga teknis. Dari 950 pelamar, sebanyak 654 pelamar gagal lolos administrasi. Sisanya, 296 dinyatakan lolos.

Pemkab juga membutuhkan 3.374 formasi guru. Dari jumlah tersebut, yang mendaftar hanya sebanyak 2.765 pelamar, di mana hanya ada satu pelamar yang dinyatakan tidak lolos administrasi.

Hudan mengatakan, jumlah pendaftar PPPK memang lebih sedikit daripada pendaftar CPNS. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat lebih memilih mengikuti seleksi CPNS. Buktinya, meski formasi penerimaan CPNS sedikit, pendaftarnya jauh lebih banyak daripada pendaftar PPPK. “Tapi khusus PPPK guru, semuanya data terpusat di Kemendikbud. Kami tidak dapat mengaksesnya,” terangnya. (rul/eem)


Bagikan Artikel