Politik & Pemerintahan

Pelantikan Kades Kabupaten Probolinggo Tetap 9 Agustus


KRAKSAAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap 1 yang dilangsungkan di Kabupaten Probolinggo telah selesai dilaksanakan pada Mei lalu. Direncanakan, para kades yang terpilih dalam pilkades tersebut akan dilantik di Pendopo Bupati pada 9 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nur Rahmad Soleh setempat mengaku jika saat ini masih ada pandemi dan penerapan PPKM. Namun pihaknya memastikan 62 kades yang terpilih tetap akan dilantik langsung oleh Bupati pada Agustus mendatang.

“Meski masih pandemi, pelantikan tetap akan dilangsungkan sesuai jadwal. Dan tentunya dengan penerapan prokes yang ketat,” katanya, Selasa (27/7).

Selain itu, pihaknya memastikan tidak akan ada pelantikan susulan bagi kades terpilih yang tidak dapat ikut langsung prosesi pelantikan di pendopo. Pihaknya pun tidak menerima alasan dari kades terpilih untuk tidak dapat mengikuti prosesi pelantikan, sekalipun yang bersangkutan terpapar Covid-19.

“Pada satu hari itu pelantikannya, tidak ada susulan. Kalau tidak bisa datang langsung, semisal terpapar Covid-19 sekalipun, maka pelantikannya secara virtual,” terangnya.

Nur Rahmad pun menyebut, pelaksanaan pelantikan tersebut bertujuan untuk membuat desa yang melangsungkan pilkades di 2021 itu segera memiliki kepala desa yang definitive. Agar pembangunan dan pengembangan besa bisa terus membaik.

“Hingga saat ini di 62 desa ini masih dijabat oleh Pj, baru paska 9 Agustus nanti akan mempunyai kepala desa yang akan menjabat sampai 6 tahun mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Su’ud salah seorang kades terpilih dari Desa Sindetanyar, Kecamatan Besuk mengatakan, pihaknya akan mengikuti dan mendukung kebijakan pemerintah, termasuk dalam hal penjadwalan pelantikan dirinya menjadi kades.

“Entah itu pelantikannya kapan dan di mana, di pendopo atau secara virtual, kami siap,” ujarnya. (ay/ra)


Bagikan Artikel