Politik & Pemerintahan

PPKM Diperpanjang, Bupati Siapkan Bansos


PROBOLINGGO – Presiden RI Joko Widodo kemarin (25/7) telah mengumumkan bahwa PPKM level IV atau darurat, diperpanjang hingga 2 Agustus. Menindaklanjuti instruksi presiden tersebut, Bupati Probolinggo Hj. P Tantriana Sari menyiapkan sebanyak 22.500 paket sembako untuk dibagikan kepada warganya.

Hal itu disampaikan Bupati Tantri pada saat rilis perpanjangan PPKM level IV di Kabupaten Probolinggo yang diadakan di pendopo kabupaten Probolinggo, tadi malam. Dalam kesempatan itu, Bupati Tantri mengaku bahwa Kabupaten Probolinggo masih sangat perlu menerapkan PPKM level IV untuk mencegah terus melonjaknya angka kasus penularan Covid-19.

“Melihat laporan harian angka kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, saya atas nama Forkopimda Kabupaten Probolinggo memutuskan untuk memperpanjang masa PPKM level IV hingga 2 Agustus mendatang. Hal itu selaras dengan adanya arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Bupati Tantri.

Menurutnya, perpanjangan masa PPKM level IV tersebut merupakan sebuah kebijakan yang sebenarnya sulit untuk diambil. Sebab, pasti akan berdampak pada kondisi sosial ekonomi warganya.

Namun demikian, demi kebaikan seluruh lapisan warga kabupaten Probolinggo, maka dengan berat hati Bupati Tantri memutuskan untuk diberlakukannya PPKM level IV hingga 2 Agustus mendatang.

“Ini merupakan keputusan sulit, karena pastinya warga akan banyak yang tidak setuju. Namun demikian, keselamatan dan kesehatan warga terlalu beresiko untuk dipertaruhkan. Sehingga keputusan untuk penerapan PPKM level IV ini dengan berat hati harus kami ambil,” jelasnya.

Hal tersebut, diletakkannya diperkuat dengan angka kasus penularan Covid-19 di kabupaten Probolinggo yang telah mencapai 5.203 kasus dengan penambahan harian terbaru pada Minggu 25 Juli sebanyak 90 kasus positif Covid-19, dan 293 kasus diantaranya berujung kematian. “Dengan data dua puluh kecamatan kita masuk zona merah, maka saya semakin mantap untuk menerapkan PPKM level IV ini,” tegasnya.

Namun demikian, Bupati Probolinggo dua periode itu tak sebelah mata dalam memutuskan status perpanjangan PPKM level IV itu. Karena dibalik itu semua ternyata, Bupati Probolinggo telah menyiapkan sebanyak 22.500 paket sembako yang mulai dibagikan kepada warga yang sama sekali belum tersentuh program bansos seperti BPNT, BST, dan PKH.

“Kami prioritaskan warga diluar data penerima bansos dari desa untuk menerima bansos paket sembako dari Pemkab Probolinggo. Tujuannya tak lain untuk membantu kesulitan.warga ditengah masa pandeki Covid-19, sekaligus pemerataan penyaluran bansos untuk warga terdampak Covid-19 di kabupaten Probolinggo,” paparnya.

Sleian itu, istri Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H Hasan Aminuddin itu menghimbau kepada warga agar selalu menjaga kesehatan selama masa pandemi Covid-19 ini. Yakni dengan menerapkan prokes 5 M agar tidak mudah tertular Covid-19 yang belum diketemukan obatnya itu.

“Harap bersabar karena ini ujian Allah SWT. Selalu jaga kesehatan diri dan orang-orang disekitar dengan menerapkan prokes 5 M. Insha Allah dengan ikhtiar kita bersama pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir,” katanya.  (tm/iwy)


Bagikan Artikel