Politik & Pemerintahan

Pemkab Buka Lowongan 4.218 Formasi


PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo secara resmi telah membuka lowongan pekerjaan sebanyak 4.218 formasi. Pendaftarannya dibuka pada 30 Juni hingga 21 Juli. Sebanyak 382 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 3.374 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru, dan 462 formasi untuk PPPK Non Guru.

Hal tersebut disampaikan melalui surat pengumuman tentang penerimaan ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo tahun anggaran 2021. Surat tertanggal 30 Juni 2021 itu ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono. Di dalamnya diterangkan, Pemkab Probolinggo membuka lowongan melalui seleksi terbuka yang digelar oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada Juli.

Sekda Soeparwiyono mengatakan, surat edaran itu menerangkan bahwa Pemkab Probolinggo membutuhkan banyak tambahan tenaga ASN. Beberapa bulan lalu, Pemkab Probolingggo mengajukan adanya rekruitmen tenaga ASN kepada pemerintah pusat. Kemudian Kabupaten Probolinggo diberi jatah sebanyak 4.218 formasi ASN.

“Alhamdulillah kuota yang kita dapatkan tahun ini cukup banyak jika dibanding daerah lain. Hal ini penting karena tiap tahun selalu ada ASN yang pensiun. Dengan adanya rekruitmen ini, kami harapkan dapat menunjang kinerja kami dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat,” terangnya, Rabu (30/6).

Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Probolinggo ini mengungkapkan, seluruh tahapan seleksi terbuka dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCN) yang dikelola oleh BKN. Sehingga dipastikan tidak ada kecurangan yang dapat dilakukan. Sebab seluruh tahapan dilaksanakan secara online melalui komputer yang terhubung langsung ke server pusat BKN.

“Kami tegaskan seleksi ASN ini tanpa dipungut biaya sedikitpun. Kalau mengetahui adanya pungutan liar oleh oknum yang tak bertanggung jawab, silakan laporkan kepada panitia atau pihak berwajib,” tegasnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel