Politik & Pemerintahan

Rp 7,2 M untuk Rehab 22 SD


KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo merencanakan melakukan perbaikan sejumlah gedung Sekolah Dasar (SD) di tahun ini. Ada anggaran senilai Rp 7,2 miliar yang dialokasikan untuk rehab 22 gedung SD.

Tahun ini Pemkab Probolinggo melalui Dinas Pendidikan menganggarkan dana sekitar Rp 7,2 miliar untuk merehab beberapa Sekolah Dasar (SD). Tujuannya adalah meningkatkan rasa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar.

Kabid Pembinaan SD pada Dispendik Kabupaten Probolinggo Sri Agus Indaryati mengatakan, ada 22 SD yang nantinya akan direhab menggunakan anggaran tersebut. Sedangkan sumber dana dari anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui DAK (Dana Alokasi Khusus).    

“Terlepas dari ada tidaknya bencana, kami memang sudah menganggarkan perbaikan untuk 22 SD,” kata Sri Agus Indaryati kepada Koran Pantura, Selasa (29/6).

Sedangkan untuk proses pengerjaannya, tidak hanya akan dilakukan untuk perbaikan ruang kelas. Perbaikannya akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di masing-masing sekolah. 

“Ada yang untuk perpustakaan, toilet, dan juga untuk ruang UKS. Tidak hanya untuk rehab kelas. Begitupun dengan anggarannya, juga akan disesuaikan dengan kebutuhan rehab di masing-masing sekolah,” ujarnya.

Sri Agus melanjutkan, saat ini proyek perbaikan di 22 SD tersebut masih dalam proses lelang. Nantinya ketika sudah ada pemenang dari lelang tersebut, proses pengerjaan perbaikan akan segera dilaksanakan.   “Belum tahu kapan. Yang jelas kalau lelangnya sudah ada pemenang, maka rehab akan segera dimulai,” ucapnya.

Sri melanjutkan, meski anggaran untuk perbaikan SD tahun ini diperuntukkan 22 sekolah, pihaknya tidak menutup kemungkinan juga akan memperbaiki sekolah-sekolah lainnya. Dengan catatan, sekolah tersebut memang betul-betul memerlukan perbaikan, atau bangunan sekolah terdampak bencana alam.

“Sebagai contoh yaitu SDN Plaosan 03. Itu tidak masuk di anggaran kami. Tetapi karena ada bencana, maka kami buatkan nota dinasnya ke Bupati untuk dilakukan perbaikan,” terangnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel