Politik & Pemerintahan

Pemkab Probolinggo Siapkan Ratusan Kamar Karantina


KRAKSAAN – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo juga terus mengalami penambahan. Merespons kondisi ini, Pemkab Probolinggo segera menambah jumlah tempat karantina. Ada 100 lebih kamar karantina yang telah disiapkan di berbagai tempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menyampaikan, jumlah pasien terpapar Covid-19 terus mengalami kenaikan. Penambahan jumlah pasien positif tidak terlalu signifikan. Tapi kasusnya terus merangkak naik dari hari ke hari.

“Mudah-mudahan tidak melonjak parah seperti daerah lain. Kalau perlu kembali menurun. Kami terus berusaha untuk menekan,” ungkap dr Shodiq, Senin (28/6).

Ia menambahkan, rumah sehat yang telah disediakan untuk menangani pasien Covid-19 ada tiga tempat dengan ketersediaan kamar sekitar 165 tempat tidur (TT). Masing-masing di Hotel Sari Indah Gending sebanyak 77 TT, di Hotel Sukapura Permai sebanyak 55 TT, dan di Puskesmas Maron ada sebanyak 33 TT. Sementara rumah isolasi ada di Puskesmas Paiton sebanyak16 TT.“Kalau nanti kiranya masih kurang, kami sudah menyiapkan Hotel A3 untuk digunakan,” jelasnya.

Dari sekian banyak jumlah pasien terpapar Covid-19 saat ini, pihaknya belum bisa memastikan adanya varian virus baru. Sebab, tes genom sequence baru dikirim ke laboratorium di Surabaya. Pihaknya tidak memiliki alat khusus untuk mendeteksi birus varian baru itu.

“Yang bisa mendeteksi itu hanya di Surabaya. Jadi kami mengirim genome sequence ke sana (Surabaya) untuk mengetahuinya,” papar dr. Shodiq. (yek/iwy)


Bagikan Artikel