Politik & Pemerintahan

Desember Pilkades Serentak 252 Desa di Probolinggo, Tahapan Dimulai September 


KRAKSAAN – Pilkades Serentak di Kabupaten Probolinggo pada tahun ini berlanjut. Setelah tahap pertama pilkades digelar serentak di 62 desa pada 2 Mei lalu, kini Pemkab Probolinggo menetapkan pilkades serentak tahap kedua pada Desember mendatang. Ada 252 desa yang bakal menghelat pilkades serentak tahap kedua nanti.

Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari saat dikonfirmasi Minggu (20/6) menyatakan, pemungutan suara dalam pilkades serentak tahap kedua akan dilangsungkan pada akhir Desember mendatang. “Jika ada yang punya ide kreatif dan inovatif untuk desanya, serta ingin mengabdikan dirinya untuk memajukan desanya, perlu dipersiapkan. Tahapan pilkades serentak untuk tahap kedua akan segera dimulai,” kata Bupati Tantri.

Menurut Bupati Tantri, tahapan pilkades serentak untuk 252 desa itu akan dimulai pada September mendatang. Itu berarti tahapan dimulai setelah dilaksanakannya pelantikan kades terpilih hasil pilkades serentak 62 desa pada Mei lalu. Sedangkan untuk Pilkades Serentak 252 desa dijadwalkan digelar pada 27 Desember.

“Jadi seluruh rangkaian pilkades serentak tahap kedua ini akan dimulai pada September. Dari penetapan panitia hingga tahapan-tahapan selanjutnya,” ujar Bupati dua periode ini.

Selanjutnya, Bupati Tantri berharap agar pilkades serentak 62 desa yang telah digelar pada 2 Mei lalu, bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran. Terutama agar prosesi pilkades serentak tahap dua nanti bisa berjalan lebih baik lagi. Ia menilai kontestasi politik sebelumnya sudah berangsung cukup baik.

“Para panitiadari tingkat kabupaten hingga panitia desa telah melakukan tugasnya sesuai prosedur yang ada. Jadikan pilakdes serentak tahap pertama sebagai pembelajaran dan evaluasi untuk lebih baik lagi,” ungkapnya.

Menurut Bupati Tantri, pilkades serentak tahap kedua ini tentu butuh tenaga ekstra dan kesabaran lebih. Sebab, jumlah desa yang menggelar kontestasi politik jauh berkali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Selain itu juga perluuntuk mempersiapkan strategi yang lebih jitu. Sehingga terlaksana pemilihan yang baik dan lancar.

Sementara untuk para calon kades yang akan mengikuti kontestasi politik ini, atau warga yang ingin memajukan wilayahnya, kata Bupati Tantri, diharapkan mulai perpersiapkan diri dan batin. “Munggo bersama-sama mengikuti tahapan pilkades yang telah ditetapkan oleh panitia, baik dari tingkat daerah, kecamatan hingga desa,” kata Bupati Tantri. (yek/iwy)


Bagikan Artikel