Politik & Pemerintahan

Vaksinasi Kabupaten Probolinggo Tercepat Kedua di Jatim


KRAKSAAN – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo tergolong cepat. Kabupaten Probolinggo tercatat berada di urutan kedua tercepat di Jawa Timur. Bahkan, hingga akhir pekan kemarin, sudah ada 162 ribu dosis yang diterima. Angka itu merupakan hitungan dari program vaksinasi tahap 1 dan 2 yang sudah berjalan sampai saat ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Mujoko Selasa (15/6). Menurutnya, berdasarkan laporan data manual kabupaten penerima vaksin tahap 1 dan 2  totalnya 162.564.

“Dari jumlah tersebut kebutuhan untuk dosis kedua sebanyak 91.304 sisa vaksin. Berdasarkan penerimaan dan pemakaian sebanyak 30.426 dosis, dan sisa vaksin setelah dikurangi pemenuhan dosis kedua sebanyak 61.800,” katanya.

Mujoko mengatakan vaksinasi ini merupakan akumulasi dari vaksinasi yang sudah dilakukan oleh tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten mulai berada di urutan kedua di Jawa Timur. Tetapi data ini akan terus bergerak. Kita saat ini urutan kedua. Tetapi besok bisa naik atau turun,” jelasnya

Mujoko berharap kepada warga yang belum vaksin agar bisa melakukan vaksinasi sesuai dengan puskesmas terdekat. “Kalau vaksin semua, kekebalan tubuh juga akan berdampak lebih baik. Kalah sudah begitu, paling tidak bisa membantu agar pandemi berakhir,” kata pejabat yang karib disapa Joko itu. (rul/iwy)


Bagikan Artikel