Politik & Pemerintahan

Perbaikan Pasar Condong Telan Anggaran Rp 1 Miliar


GADING – Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berencana memperbaiki Pasar Condong tahun ini dengan anggaran Rp 1 miliar. Perbaikan pasar yang terletak di Desa Condong, Kecamatan Gading ini  masih dalam tahap lelang.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan, proses pendaftaran peserta lelang ditutup pada Kamis (10/6) pukul 23.59. Setelah itu para pendaftar lelang atau peserta tender akan diverifikasi untuk kemudian dipilih sebagai pelaksana perbaikan Pasar Condong.

“Hingga saat ini peserta tendernya ada 39. Nanti akan diverifikasi, mana yang paling layak. Tentunya pengalaman juga berpengaruh, karena kami menginginkan perbaikan pasar ini maksimal,” katanya, kemarin.

Sedangkan untuk biayanya, pagu anggaran yang dipatok pihaknya untuk perbaikan pasar tersebut mencapai Rp 1.094.000.000 yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dari dana tersebut, nantinya akan dibangun tempat bertransaksi pedagang pasar dengan model los.

“Tidak keseluruhan, tapi yang akan kami perbaiki ada di belakang bangunan yang depan. Nantinya akan dibuat los, jadi tidak seperti kios-kios yang ada di bagian depan pasar,” terangnya.

Mantan Camat Gading itu juga menjelaskan, perbaikan Pasar Condong memang sudah diperlukan. Sebab, beberapa bagiannya sudah mengalami kerusakan. Terlebih pada musim hujan lalu, ada beberapa bagian atap pasar yang rusak.

“Pasar Condong ini kan masuk daerah lembab, jadi bangunannya lebih mudah untuk rusak daripada pasar-pasar lain. Pada musim hujan lalu pun begitu, ada beberapa bagian atap yang jatuh, jad memang sudah perlu untuk diperbaiki,” terangnya.

Taupik pun berharap, dengan adanya perbaikan tersebut nantinya para pedagang juga bisa melakukan perawatan dengan baik terhadap lapak-lapaknya masing-masing. Sehingga, perbaikan yang sudah dilakukan tidak cepat rusak.

“Seperti menjaga kebersihan, kan untungnya untuk pedagang juga. Kalau lapaknya bersih, pelanggan akan senang berbelanja. Jadi pasar memang harus dirawat bersama,” paparnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel