Politik & Pemerintahan

Pemkab Pasang Papan Informasi di Kios Daging


KRAKSAAN – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo memasang papan informasi dan imbauan di sejumlah lapak pedagang daging sapi di berbagai pasar tradisional wilayah setempat. Hal itu bertujuan untuk menginformasikan pada masyarakat tentang pemilihan daging sapi yang aman dikonsumsi.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi menyampaikan, banner imbauan itu dipasang pada kios daging sapi di delapan pasar tradisional setempat. Guna menginformasikan pada masyarakat tentang kesehatan daging yang akan dibelinya.

Kios daging sapi, kata Yahyadi, yang telah dipasang banner tersebut berarti telah memenuhi syarat pemotongan. Artinya, daging sapi yang dijual telah dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH). Serta telah dilakukan pemeriksaan pada kesehatan hewan sebelum dipotong.

“Kios yang telah dipasang banner itu berarti sudah memenuhi syarat pemotongan. Bahkan daging yang dijual dalam kondisi sehat dan halal. Itu jaminannya,” kata Yahyadi.

Kemudian, lanjut dia, untuk menekan adanya pemotongan sapi betina produktif di luar RPH. Sebab, itu untuk menjaga populasi sapi di daerah setempat. “Karena sapi betina produktif sangat dipertahankan untuk menjaga populasi,” paparnya.

Sehingga dengan dipasangnya banner itu di setiap kios daging, menjamin masyarakat mendapatkan daging sapi dalam keadaan sehat dan halal. Dengan begitu masyarakat yang mengonsumsi daging bisa terhindar dari penyakit zoonosis.

“Selain menjaga kesehatan daging, itu juga untuk mengimbau pada para jagal dan masyarakat agar tidak memotong hewan di luar RPH. Serta tidak memotong hewan sapi betani produktif untuk menjaga populasi itu,” paparnya. (yek/adv)


Bagikan Artikel