Politik & Pemerintahan

PPP Mayangan Kota Probolinggo Bakal Diperluas


PROBOLINGGO – Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla)   akan memaksimalisasi Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan di Kota Probolinggo.  Sebab, ekspor ikan ke pasar luar negeri meningkat sampai 400 persen.

Nantinya, PPP Mayangan yang dikelola UPT Diskanla Jatim itu akan diperluas dan diperdalam. Tak hanya itu, PPP Mayangan juga akan ditambah daya listriknya, berikut perbaikan sarana dan prasarana lainnya. Tujuannya agar kapal lebih mudah bersandar di PPP Mayangan dan lebih aman.

Kabar baik tersebut diungkap Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi PPP Mayangan, Senin (24/5) siang. Menurutnya, PPP Mayangan akan diperluas dan dibangun fasilitas lainnya. Terutama agar kapal yang sandar di dalam dermaga tidak saling benturan saat musim angin Gending dan rusak.

Hal itu dilakukan agar ekspor ikan dari PPP Mayangan meningkat, sebagaimana peningkatan ekspor ikan dari Pelabuhan Paciran, Lamongan. “Di masa pandemi Covid-19 ini  ekspor ikan dari pelabuhan Pangumpan Paciran meningkat 400 persen,” katanya. 

Agar ekspor ikan bisa naik seperti di Paciran, maka menurut Gubernur, PPP Mayangan perlu diperdalam dan diperluas. Selama ini, bongkar muat ikan masih antre karena dermaga kurang luas dan kurang dalam. Saat hujan, aktivitas bongkar-muat terhenti. “Kami akan bangun sarana dan prasarana penunjangnya. Agar antrean kapal dan penghentian bongkar muat tidak terjadi lagi,” katanya.

Gubernur yakin, APBD yang digelontorkan untuk perbaikan dan pembangunan PPP Mayangan cepat impas atau Break Event Point (BEP). Sebab jika nilai ekspor meningkat, maka PAD yang didapat Pemprov Jatim juga akan meningkat, sebanding dengan peningkatan ekspor. “Anggaran yang dialokasikan ke PPP Mayangan cepat kembali atau BEP,” jelasnya.

Saat ditanya kapan rencana tersebut akan dimulai, Khofifah menjawab masih akan melakukan penyisiran. Terutama untuk mengetahui lebih detail sektor mana dan apa saja yang akan diperbaiki atau dibangun. “Usai maksimalisasi, kami yakin pertumbuhan ekonomi akan menetes ke seluruh elemen di Jawa Timur,” kata Gubernur didampingi Walikota Hadi Zainal Abidin.

Dalam kesempatan itu Gubernur berkesempatan melihat langsung pemrosesan ikan dari kapal ke kendaraan untuk dikirim ke pabrik atau pembeli. Ada tiga kapal yang bersandar di PPP Mayangan siang itu dan seluruhnya ditinjau Gubernur bersama rombongan.

Sementara, Walikota Hadi Zainal Abidin menyambut baik rencana Pemprov Jatim  memaksimalisasi PPP Mayangan. Ia berharap rencana tersebut memberi dampak kepada warga Kota Probolinggo, dan warga daerah lain di Jatim. “Semoga rencana itu cepat terealisasi. Sehingga memberi dampak eknomi kepada masyarakat kami. Itu yang lebih penting,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel