Politik & Pemerintahan

Bupati Tantri Pantau Pilkades secara Virtual


PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari memberi atensi penuh pada pelaksanaan pilkades serentak 62 desa di wilayahnya, Minggu (2/5). Bupati melakukan pemantauan pelaksanaan pilkades serentak itu dengan melakukan teleconference di pendopo kabupaten Probolinggo.

Dalam teleconference itu Bupati Tantri didampingi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto dan Sekda Soeparwiyono. Bupati menyampaikan kepada seluruh camat dan sekretaris camat yang mengawasi pelaksanaan Pilkades di tempat pemungutan suara (TPS) agar memastikan Pilkades berjalan dengan aman, damai, dan taat protokol kesehatan.

“Saya tekankan kembali bahwa pelaksanaan Pilkades serentak ini dilakukan atas dasar komitmen bersama akan kepatuhan seluruh pihak untuk menaati protokol kesehatan. Sehingga apapun dan siapapun nantinya yang terpilih dalam Pilkades ini kami sangat berharap pelaksanaan pilkades ini justru tidak jadi sarana penyebaran Covid-19,” tegas Bupati Tantri.

Penegasan itu pun didengarkan dan disaksikan langsung oleh sekitar 21 camat/sekcam yang mengikuti teleconference melalui aplikasi zoom meeting. Bupati Tantri, Ketua Dewan Andi Suryanto, dan Sekda Soeparwiyono secara bergantian menanyakan satu per satu kepada para camat dan sekcam soal kesiapan dan kondisi pelaksanaan Pilkades di masing-masing kecamatan.

“Kalau ada kendala, segera tangani dan koordinasikan agar tidak sampai menggangu jalannya pelaksanan Pilkades. Pastikan pemilih dan petugas TPS mematuhi prokes. Sediakan masker kalau tidak ada masker, anggarannya kan sudah ada,” kata Ketua DPRD Andi Suryanto.

Lebih lanjut, Sekda Soeparwiyono mengingatakan kepada seluruh camat dan sekcam agar dengan seksama mengawasi proses penghitungan suara. Karena disitu akan sangat rawan akan adanya gesekan atau keberatan dari para saksi dari Cakades. “Pastikan petugas TPS nya benar-benar bekerja secara benar. Kalau ada indikasi penyimpangan jangan ragunlangsungntegur saja. Daripada jadi biang kericuhan,” pesannya.

Mendapatkan sejumlah instruksi tersebut, para camat dan sekcam  serempak mengatakan kesanggupannya untuk menjalankan perintah tersebut. “Alhamdulillah Pilkades di wilayah kami berlangsung dengan aman dan terkendali. Tidak terjadi gesekan yang dikhawatirkan, namun kami tetap akan memastikan kondisi kondusif ini  hingga proses Pilkades ini berakhir,” ujar Sekcam Krejengan Taufiq. (tm/iwy)


Bagikan Artikel