Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Bagikan Mesin Perontok Jagung


MARON – Dalam rangka merealisasikan aspirasi rakyat dan mendukung program ketahanan pangan secara nasional, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan). Bantuan berupa 14 mesin perontok jagung itu diberikan kepada 14 kepala desa yang ada di Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada saat dilakukannya kegiatan reses masa persidangan IV April – Mei di rumah kepala Desa Maron Kidul, Rabu (21/4). Dalam kesempatan itu, Hasan yang juga menjabat Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan,  menyerahkan bantuan berupa 12 ekor sapi dari kepala desa Maron Kulon Hasan Basri kepada 12 ketua rukun tetangga (RT) yang ada di wilayah Desa Maron Kulon.

Lalu Hasan Aminuddin mengatakan bahwa pemberian bantuan alsintan berupa alat perontok jagung merupakan kerja nyata darinya selaku wakil rakyat dari kabupaten Probolinggo. Permintaan bantuan alsintan tersebut merupakan aspirasi dari warga yang disampaikan lewat para kepala desa di Kecamatan Maron.

“Oleh kepala desa disampaikan bahwa rakyat butuh alat perontok jagung. Karena masyarakat di Kecamatan Maron ini mayoritas bercocok tanam jagung. Selaku wakil rakyat, kemudian kami berupaya mencari cara untuk merealisasikan keinginan warga tersebut. Sehingga terealisasilah adanya bantuan 12 alsintan itu, ” kata suami Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari itu.

Menurut Hasan, penyerahan bantuan alsintan itu adalah sebuah bentuk kepeduliannya kepada rakyat di Kecamatan Maron khususnya, dan Kabupaten Probolinggo umumnya. Dimana untuk menghasilkan hasil pertanian yang baik, tentunya butuh sinergi dari banyak pihak. Mulai dari para petani, kepala desa, Dinas Pertanian, pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Menurutnya, anugerah berupa tanah yang subur ini harus mampu dikelola secara maksimal dengan penggunaan teknologi pertanian yang tepat guna.

“Bertani di zaman yang serba modern ini tentunya harus diikuti dengan penggunaan alsintan yang canggih pula. Karena itu, saya ingin mendorong rakyat khususnya petani untuk bertani secara modern dengan memanfaatkan peralatan pertanian yang canggih saat ini,” jelas Hasan.  

Selain memanfaatkan kecanggihan alsintan, para petani di kecamatan Maron diharapkannya mampu memanfaatkan lahan pertanian miliknya secara tepat dan efektif. Dimana antara lahan yang cukup air, kurang air, dan sulit air harus mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan menyesuaikan tanaman pertanian atau tanaman bernilai ekonomis apa yang bisa ditanam di atasnya. Sehingga hasilnya mampu dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Misalnya nanti di lahan tidak berair ditanami alpukat. Alpukat ini tanaman dan hasilnya dibutuhkan oleh banyak manusia. Pasar menjanjikan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kedua adalah tanaman pisang. Pisang di seluruh Indonesia kurang, bahkan luar negeri pun butuh, sehingga ekspor pisang dan alpukat ini merupakan sebuah pilihan yang nantinya bisa menjadi alternatif dari tanaman lain bagi masyarakat Kecamatan Maron,” harpanya.

Sementara, Kepala Desa Maron Kulon Hasan Basri mengatakan bahwa bantuan alsintan yang diberikan diberikan Hasan Aminuddin ini sangatlah bermanfaat bagi warga desanya. Selain mendapatkan bantuan alat perontok jagung, warga juga dibukakan wawasannya bahwa pertanian yang menjanjikan. Tidak hanya di lahan cukup air, melainkan juga ditegaskan bahwa sekitar rumah sekali pun.

“Mewakili kepala desa se-Kecamatan Maron, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan alat mesin pertanian perontok jagung demi kepentingan petani yang ada di wilayah Kecamatan Maron,” kata Kades. (tm/iwy)


Bagikan Artikel