Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Minta Cakades Tak Saling Fitnah


PROBOLINGGO – Pemungutan suara pemilihan kepala desa (pilkades) serentak akan digelar dua pekan mendatang. Aroma persaingan antar calon kepala desa (cakades) di 62 desa penyelenggara pilkades semakin kentara. Khususnya di antara tim pemenangan masing-masing.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin mengatakan, sejatinya persaingan dalam politik adalah hal yang wajar dan lumrah terjadi. Bahkan hal itu pasti dialami semua politisi di kancah perpolitikan lokal, regional, maupun nasional. Namun kata Hasan, ada satu cara berpolitik yang mesti dihindari. Yakni politik fitnah.

“Politik fitnah itu dampaknya sangat merusak. Bukannya menghasilkan pemimpin yang berkualitas nantinya, justru akan memunculkan pemimpin tukang fitnah kalau sampai terpilih dengan cara yang demikian. Karena itu saya ingatkan kembali hindari cara-cara seperti itu dalam memikat hati rakyat,” tegas Hasan dalam forum ikrar damai Pilkades serentak yang digelar di Pendopo Kabupaten Probolinggo, Minggu (18/4) sore.

Dalam kesempatan itu, Hasan menyatakan politik fitnah lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya. Selain membuat kondusivitas warga terganggu, persaingan di antara para cakades dan tim pemenangannya akan semakin meruncing. Sehingga rawan menimbulkan tindakan anarkis.

“Kalau sudah demikian itu, saya tidak akan membantu. Biar pihak Kepolisian yang bertindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Saya tidak mengajarkan hal tersebut dalam berpolitik di Kabupaten Probolinggo,” ungkap mantan Bupati Probolinggo dua periode itu.

Kini, Hasan mengaku enggan berfoto, apalagi bertemu dengan salah satu atau beberapa cakades yang meminta restunya. Menurutnya, hal tersebut tidak lagi relevan dengan kondisi perpolitikan di desa. Menurutnya, rakyat sudah cerdas dalam memilih pemimpinnya sendiri secara demokratis dan tanpa ada unsur paksaan.

“Terus terang saya tidak lagi mau berfoto bersama dengan para Cakades. Bukannya menolak, tapi lebih pada unsur memberikan kepercayaan diri kepada para cakades untuk bersaing secara sehat dalam Pilkades,” ungkap Hasan. (tm/eem)


Bagikan Artikel