Politik & Pemerintahan

Bangun Jalan Pendidikan secara Swadaya

SUMBER – Akses jalan menuju SMPN I Sumber di Desa Tukul, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo akhirnya rampung dibangun. Dengan rampungnya pembangunan tersebut, maka para siswa akan semakin mudah menuju sekolah tersebut.

Kepala Desa Gemito Agung mengatakan, jalan sepanjang 300 meter dan lebar 0,5 meter itu dibangun secara swadaya. Pembangunan jalur pendidikan itu sangat ini dinilai akan membantu pelajar menuju SMPN I Sumber. Lebih-lebih pada musim hujan.

Sebelumnya akses menuju sekolah adalah jalan tanah yang kerap berlumpur dan becek karena hujan. “Dulu naik sepeda motor jatuh sudah menjadi pemandangan biasa. Ini kepedulian kami dan warga. Makanya kami secara swadaya membangun akses jalan dengan lebar setengah meter menuju sekolah itu,” terangnya.

Disebut swadaya karena dana pembangunannya berasal dari iuran warga. Selain iuran berwujud uang, warga juga menyumbangkan tenaga untuk membangun jalan dimaksud. “Ini merupakan bentuk kepedulian kami dalam hal pendidikan,” tegas Agung.

Pada tahun pelajaran 2018-2019, jumlah seluruh siswa SMPN I Sumber sebanyak 20 orang. Agung mengungkapkan, sebelumnya, jumlah siswa tidak sebanyak itu. Bertambahnya jumlah siswa terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap pendidikan anak mulai tumbuh.

“Alhamdulillah, jumlah siswa lebih banyak, kesadaran terhadap pendidikan sudah semakin baik. Makanya untuk memberikan kenyamanan, kami secara bergotong royong membangun akses jalan itu, Mas,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depan situasi semacam itu mendapat perhatian bagi pemerintah daerah. Utamanya dalam hal akses jalan yang lebih memadai. “Harapannya seperti itu. Paling tidak siswa yang mau sekolah di sini lebih bersemangat,” kata Agung. (rul/eem)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan