Politik & Pemerintahan

Rp 13 Miliar untuk Bangun Jembatan Jabungsisir


PAITON – Salah satu jembatan yang berada di Desa Jabungsisir, Kecamatan Pation, bakal dibongkar oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BB PJN) Jatim – Bali. Rencananya, jembatan tersebut bakal dibongkar sebelum hari raya Idul Fitri, lalu dibangun dengan anggaran Rp 13 miliar.

Staf teknis BBPJN Jatim-Bali Arpiyanto mengatakan, pembongkaran dilanjut perbaikan dilakukan karena usia jembatan sudah setengah abad lebih. “Terjadi penurunan pada badan jembatan, karena faktor usia dan struktur bangunan. Jembatan itu usianya sudah lebih dari 50 tahun. Selain itu juga ada korosi pada baja akibat air pasang,” katanya, Rabu (31/3).

Menurutnya, anggaran yang nantinya akan digunakan guna perbaikan jembatan Jabungsisir sudah dikalkulasi. Tak tanggung-tanggung, pihaknya menganggarkan Rp 13 miliar untuk membangun ulang jembatan tersebut. “Selain perbaikan jembatan, nanti juga akan ada perbaikan jalan dan drainase. Jadi anggarannya cukup besar,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini jembatan tersebut masih berstruktur batu bata dan batu kali. Dan pada awal pembangunannya, jembatan itu mempunyai lebar 5 meter, kemudian diperlebar hingga 7,1 meter. Sedangkan panjang jembatan mencapai 5 meter.

“Tapi nanti ketika sudah selesai pembangunan, jembatan tersebut akan mempunyai lebar 11 meter ditambah trotoar 2 meter, sehingga totalnya menjadi 13 meter,” terangnya.

Selain itu, Apri juga mengungkapkan sudah ada pemenang tander dalam proyek pembangunan jembatan tersebut. Nantinya, pembangunan ulang jembatan tersebut akan dilakukan oleh PT Rajendra, dengan target waktu 3 bulan.

“Kita garap yang sisi utara dulu atau yang arah Banyuwangi. Agar arus transportasi tetap berjalan. Nanti jembatan itu, akan menggunakan box culvert. Jika ini sudah selesai, baru dilanjut dengan pembongkaran eksisting,” ujar Arpiyanto. (ay/iwy)


Bagikan Artikel