Politik & Pemerintahan

Suami – Istri di Lumbang Calonkan Diri Jadi Kades


LUMBANG – Hajat Pilkades Serentak 62 Desa di Kabupaten Probolinggo sudah melewati tahap penetapan calon kepala desa (cakades) yang lolos verifikasi. Di antara para cakades yang ditetapkan, ada pasangan suami-istri yang sama mencalonkan diri di Pilkades Lumbang.

Suasana balai Desa Lumbang pada Kamis (18/3) terlihat berbeda dari hari-hari sebelumnya. Salah satunya ialah karena kemarin ada penetapan cakades yang lolos verikasi dan running dalam Pilkades Serentak 2 Mei mendatang.

Menariknya, pada Pilkades Lumbang ada cakades yang ditetapkan oleh panitia pilkades ialah dua orang bernama Asmun dan Tiyarsih. Dua orang ini tidak asing bagi warga Lumbang. Asmun adalah kades terpilih periode sebelumnya. Sedangkan Tiyarsih adalah istri Asmun.

Mereka berdua maju pada pilkades tahun ini karena sama sama mempunyai misi untuk memajukan Desa Lumbang.

Usai ditetapkan sebagai cakades, Asmun mengaku banyak yang meminta dirinya untuk kembali maju menjadi cakades. “Ya sebenarnya ini permintaan warga. Semoga Lumbang tambah maju dari priode sebelumnya,” tutur Asmun.

Asmun mengatakan, dirinya kembali maju menjadi cakades tahun ini salah satunya karena mempunyai program unggulan yang akan diterapkan saat ia terpilih menjadi kades Lumbang di periode mendatang. Salah satunya yakni akan fokus di sektor pertanian. “Pertanian nanti akan kami utamakan,” jelasnya.

Tidak hanya itu. Beberapa sektor seperti peternakan juga menjadi perhatian Asmun. “Apalagi desa kami juga sudah dapat bantuan sapi dari kementerian sebanyak 200 ekor. Itu nanti kami optimalkan agar ekonomi warga Lumbang semakin membaik,” kata Asmun.

Hal yang berbeda diungkapkan Tiyarsih, istri Asmun. Ia mengaku semuanya tergantung dengan takdir. “Yang pasti tujuan utamanya ya bisa membawa Lumbang lebih maju dibanding sebelumnya,” katanya.

Pasutri yang sama menjadi cakades ini sepakat saat pemilihan berharap bisa berjalan lancar. “Aman dan lancar,” katanya.  Tahapan pilkades kemarin menetapkan cakades di 62 desa yang menggelar pilkades. Selain di Lumbang, ada juga pasangan suami istri yang sama maju sebagai cakades, yakni di Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan dan Sindetanyar Kecamatan Besuk. (rul/iwy)


Bagikan Artikel