Politik & Pemerintahan

Peringati Isra Mikraj, Hafal Tiga Surat Alquran, Potong Rambut Gratis


PROBOLINGGO – Walaupun merupakan organisasi partai politik, Partai NasDem tidak mau ketinggalan menyambut momen istimewa keagamaan. Seperti yang dilakukan Partai NasDem Kota Probolinggo, Minggu (7/3). Mereka punya kegiatan menarik untuk memeringati Isra Mikraj.

DPD Partai NasDem Kota Probolinggo punya cara unik dalam memperingati momen isra mikraj. Dalam kegiatan yang dilangsungkan Minggu (7/3) itu NasDem memberikam layanan potong rambut gratis.

Tetapi  layanan potong rambut gratis tidak diberikan begitu saja. Tetap ada syaratnya, yaitu harus hafal tiga surat dalam Alquran.

Selain karena memang memeringati Isra Mikraj, potong rambut ini dilakukan karena di tengah masyarakat saat ini masih ada rasa takut potong rambut. Di tengah pandemi Covid-19 ini masih banyak warga yang tertular pada saat potong rambut.

Acara itu kemarin dilangsungkan di Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo, dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini juga dihadiri anggota DPR RI Hasan Aminuddin didampingi Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo Zulfikar Imawan.

 Ada sejumlah 50 anak yang digratiskan potong rambut. Mereka lebih dulu  menghafalkan 3 surat pendek dalam Alquran.

Sementara, dalam sambutannya, Hasan Aminuddin yang juga Ketua DPP NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat  mengatakan, langkah ini dilakukan untuk menyikapi  ketakutan potong rambut di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, sebagai bentuk aksi nyata NasDem melalui bidang keagamaan.

“Berawal dari takutnya anak-anak potong rambut karena pandemi COVID-19, kita fasilitasi itu dengan syarat membacakan 3 surat Alquran,” ucap Hasan yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Nah, Hasan Aminuddin juga memanfaatkan kesempatan kemarin untuk mencukur rambutnya.  

Langkah itu memang efektif. Puluhan anak, yatim piatu hingga marbot masjid juga hadir. Mereka antusias melafalkan ayat-ayat suci Alquran di hadapan pengurus Partai NasDem. Setelah membaca tiga surat pendek dalam Alquran,  mereka bergantian dicukur rambutnya.

Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo Zulfikar Imawan mengatakan, pihaknya sengaja melakukan aksi tersebut dalam rangka memeringati Isra Mikraj. Momentum ini ia nilai sebagai misi keagamaan.

“Banyak cara untuk melakukan syiar, salah satunya ini potong rambut gratis dengan melafalkan surat Alquran. Harapannya, ini menjadi ikhtiar membentuk akhlak yang baik di kalangan anak-anak,” jelas pria yang akrab disapa Iwan ini.

Mulyaningsih,  salah satu orang tua anak yang datang mengatakan, aksi ini dinilai bagus untuk anak-anak. Sebab, dalam kegiatan ini disyaratkan melafalkan ayat-ayat suci Alquran.

“Sangat bagus, ini sebagai salah satu media mengasah kemampuan anak-anak, terutama dalam hal tahfidz. Semoga saja ini rutin dilakukan,” tutur ibu dari anak bernama Muhammad Fajri itu. (rul/iwy)


Bagikan Artikel