Politik & Pemerintahan

Rp 150 Juta untuk Perbaiki Tanggul Jebol


DRINGU – Pemprov Jatim memberi perhatian nyata dalam menanggulangi problem banjir yang terjadi di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Pemprov Jatim melalui UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (PSDA WS) Welang-Pekalen Pasuruan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air, menyiapkan anggaran Rp 150 juta untuk perbaikan tanggul.        

Perbaikan yang disasar dengan anggaran itu ialah tanggul sungai Kedung Galeng yang jebol di Desa Kedungdalem dan Desa Dringu. Total ada 4 titik tanggul jebol yang akan diperbaiki. Namun yang terparah berada di Dusun Bandaran, Desa Dringu.

Kepala UPT PSDA WS Novita Andriyani saat dikonfirmasi kemarin (3/3) mengatakan, berdasar survei dan Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (PRAB) diperkirakan anggaran perbaikan tanggul akan memakan biaya sebesar Rp 150 juta. “Rp 150 juta khusus untuk tanggul di Desa Dringu,” ujar Novita kemarin.

Menurutnya, setelah mengetahui besaran kebutuhan anggaran, pihaknya berharap agar mendapat dukungan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo. Terutama terkait sharing dana perbaikan tersebut.

Sebab menurut Novita, masih ada 3 titik lainya yang juga butuh perbaikan. “Kita akan berkoordinasi dengan Pemkab terlebih dahulu soal sharing dana dari Pemkab itu,” katanya.

Sementara, dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo  Tutug Edi Utomo mengatakan, masalah infrastruktur plengsengan menjadi perhatian utama karena dana yang diperlukan cukup besar. “Kami akan terus koordinasikan dengan pihak Pemprov. Namun dengan adanya perhatian tersebut tentunya kami menyambut baik,” katanya.

Saat ditanya terkait berapa besaran sharing dana perbaikan tanggul yang jebol di sungai Kedung Galeng, Tutug masih enggan menyebutkan pastinya. Sebab menurutnya, hal ini masih bersifat rahasia dan tengah dalam pembahasan.

“Masih belum bisa kami sebutkan saat ini. Namun yang penting, tanggul yang jebol itu sudah ada komitmen bersama untuk diperbaiki,” ujarnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel