Politik & Pemerintahan

Bacakades 5 Desa Melimpah


PROBOLINGGO – Ada 62 desa di Kabupaten Probolinggo yang akan melangsungkan pemilihan kepala desa (pilkades) pada 2 Mei mendatang. Banyak warga yang antusias mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa (bacakades). Bahkan di 16 desa, terdapat lebih dari 5 bacakades.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Hartono mengatakan, tidak semua bacakades itu akan ditetapkan sebagai cakades. Mereka akan diseleksi hingga tersisa 5 cakades saja. Hal itu menurutnya sesuai Perbup Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Seumpama yang memenuhi syarat tidak sampai 5, maka yang diambil nanti hanya yang memenuhi syarat. Meski batas maksimalnya itu 5 calon,” katanya, Minggu (28/2).

Jika lebih dari 5 orang yang lolos seleksi, maka penentuan 5 cakades ditentukan berdasar skor. Skor tersebut berasal dari beberapa kriteria. Jika ada beberapa bacakades yang sama skornya, mereka akan melalui tes tulis sebagai penentu.

Daftar Desa yang memiliki calon lebih dari 5 cakades.

“Skornya itu berdasarkan pendidikan, usia, dan juga pengalaman dalam pemerintahan. Jadi intinya, maksimal tetap hanya akan ada 5 calon,” terangnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel