Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Ajak Rakyat Tanam Jagung


PROBOLINGGO – Kegiatan reses kembali dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin, Senin (22/2). Salah satu kegiatan dalam reses masa persidangan 3 tahun 2021 itu dikemas dengan bimbingan teknis (bimtek). Sasarannya adalah agar masyarakat termotivasi untuk menanam jagung.

Kegiatan tersebut digelar di aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI di Dusun Toroyan, Desa Rangkang, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Hasan mengatakan, Komisi IV menggandeng Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Badan ini berada di bawah koordinasi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Pelatihan ini menarik karena ini hal baru. Dalam pelaksanaannya langsung ada pengawasan. Sehingga tidak ada alasan kegiatan tidak terselenggara, apalagi fiktif,” terangnya.

Hasan mengungkapkan, kegiatan ini merupakan hasil pemikiran Komisi IV DPR RI dengan Kementan. Menurut suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari ini, jagung dipilih agar supaya setelah bimtek ini para ibu-ibu termotivasi juga menanam.

“Jagung menjadi tanaman pilihan selain padi. Kementan sudah tidak harus bicara tentang padi, karena diurus atau tidak diurus orang menanam padi ini sudah terbiasa sejak dulu,” terangnya.

Ia mengatakan, Komisi IV berharap masyarakat tertarik untuk menanam tanaman selain padi. Tujuannya agar kedaulatan jagung di Republik Indonesia ini tidak ada ketergantungan dari luar Indonesia. “Karena Indonesia adalah negara agraris,” tegas mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Hasan meminta agar pelatihan ini berkesinambungan. Sehingga ia meminta BBPP untuk mengevaluasinya. “Bagaimana kegiatan ini ada perencanaan nanti dari hulu ke hilir, termasuk pasar. Bukan hanya pandai membuat, tetapi bagaimana nanti memasarkan itu akan ada kegiatan yang sangat berhasil dan ditunggu rakyat selanjutnya,” tegas Hasan.

Sejumlah pejabat hadir dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Kepala BBPP Ketindan Malang Sumardi Noor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Camat Kraksaan Ponirin, dan Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto. (eem)


Bagikan Artikel