Politik & Pemerintahan

Sepuluh Balonkades Positif Covid, Diisolasi, Tak Gugurkan Pencalonan


PROBOLINGGO – Sejumlah 260 Bakal Calon Kepala Desa (Balonkades) yang mendaftar  Pilkades serentak pada 2 Mei mendatang telah menjalani swab PCR. Hasilnya, didapati ada 10 Balonkades yang dinyatakan positif Covid-19.

Dikonfirmasi Koran Pantura, Juru Bicara Koordinator Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica pun membenarkan hal ini. Ia menyebut ada 10 orang Balonkades yang berdasarkan hasil uji Swab PCR-nya menunjukkan hasil positif Covid-19.

“Memang ada sebanyak 10 orang bakal calon terkonfirmasi Positif Covid-19 berdasarkan hasil uji Swab PCR. Namun kini mereka sudah diisolasi di Fasiltas Pelayanan kesehatan terdekat,” ujarnya, Kamis (18/2).

Disebutkannya, untuk 10 Balonkades tersebut saat ini tengah menjalani terapi di poli Covid-19. Dimana kondisi dari seluruh Balonkades tersebut, dalam kondisi baik dan tengah menjalani masa isolasi selama dua pekan di rumah sehat yang disediakan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo. “Kondisinya baik semua dan saat ini sedang mendapat terapi dari poli covid semua,” sebutnya.

Dijelaskan dr. Dewi, adanya 10 orang Balonkades yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini menunjukkan bahwa penyebaran Covid-19 masih terus terjadi hingga hari ini di lingkungan masyarakat. Sehingga untuk memastikan suksesnya Pilkades serentak yang sesuai protokol kesehatan, maka Balonkades diwajibkan untuk menjalani tes Swab PCR tanpa terkecuali.

“Dalam Perbup Probolinggo tentang Pilkades juga sudah disyaratkan, bahwa setiap Balonkades diwajibkan menjalani tes Swab PCR untuk memastikan yang bersangkutan terbebas dari Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Oon Hartono menyampaikan, 10 Balonkades yang dinyatakan positif Covid-19 tidak akan terpengaruh pencalonannya.   

Menurutnya, di dalam Perbup tidak aturan bahwa seorang Balonkades yang positif Covid-19 akan dinyatakan gugur. “Tidak menggugurkan proses pencalonannya sebagai Cakades,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel