Politik & Pemerintahan

Pilkades di 62 Desa, 260 Orang Daftar Bakal Calon Kades


KRAKSAAN – Pendaftaran bakal calon kepala desa (balon kades) dalam pemilihan kades (pilkades) serentak 62 desa di Kabupaten Probolinggo, resmi ditutup pada Selasa (16/2) lalu. Sampai hari terakhir pendaftaran itu, tercatat ada 260 orang balon kades yang telah terdaftar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto melalui Sekretaris Dinas Hartono menyampaikan, pendaftaran pilkades serentak telah ditutup. Totalnya, ada 260 balon kades yang telah mendaftar pada masing-masing panitia desa.

Dari data yang diterimanya, tidak ada balon kades tunggal pada 62 desa tersebut. Paling sedikit, balon kades yang mendaftar sebanyak 2 orang di satu desa. Bahkan ada beberapa desa yang jumlah balon kades terdaftar hingga 9-10 orang.

 “Paling sedikit 2 kandidat. Paling banyak ada yang sampai 10 kandidat dalam satu desa. Setidaknya tidak ada desa yang mengalami kandidat tunggal,” ungkap Hartono saat dikonfirmasi, Rabu (17/2).

 Akan tetapi, untuk desa yang jumlah bakal calonnya lebih dari 5 orang akan dilakukan verifikasi dan penilaian. Kebijakan itu sudah diatur dalam Perbup nomor 1 tahun 2021 tentang pedoman, pemilihan, pengangkatan, pelantikan, dan pemberhentian kepala desa.

Dalam penialain itu akan dilakukan dengan metode scoring sebagaimana yang diatur dalam Perbup tersebut. Lalu nantinya ditetapkan paling banyak 5 balon kades dalam suatu desa.

“Saat ini kami masih melakukan verifikasi data balon kades. Kemudian melakukan penilaian untuk desa yang kandidatnya lebih 5 orang,” jelas Hartono.

Penilaian itu dilakukan oleh panitia desa masing-masing dengan disaksikan oleh para balon kades dan saksi. “Kemudian akan ditetapkan pada 18 Maret mendatang. Kurang lebih sebulan ke depan,” tuturnya. (yek/adv)


Bagikan Artikel