Politik & Pemerintahan

Sosialisasi Empat Pilar, Hasan Aminuddin Gugah Kreativitas Perempuan


PROBOLINGGO – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H. Hasan Aminuddin kembali menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di daerah pemilihan (dapil) II Jawa Timur (Probolinggo-Pasuruan). Kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren HATI di Desa Rangkang, Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jum’at (7/2).

Dalam kegiatan tersebut, Hasan mengundang sejumlah tokoh Probolinggo untuk menjadi narasumber. Di antaranya Rektor Universitas Zainul Hasan Dr. Abdul Aziz Wahab. Peserta kegiatan tersebut adalah kaum perempuan.

Mantan Bupati Probolinggo dua periode ini berbicara tentang pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sekitar setahun di Indonesia. Hasan menyatakan bahwa pandemi ini merupakan pelajaran berharga bagi semua kalangan bahwa kesehatan harus benar-benar diperhatikan.

“Setiap hari kita selalu melihat dan mendengar berita-berita tentang corona. Sebagian besar tidak menyenangkan. Pemerintah memberlakukan protokol yang ketat untuk mencegah penyebaran Corona. Kita sebagai warga negara yang baik, harus mematuhi protokol tersebut,” tegas Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta ini.

Hasan meminta kaum perempuan untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Di masa pandemi, perempuan memiliki peran besar yang bisa mewarnai kehidupan keluarga, lingkungan, dan masyarakat secara umum.

H. Hasan Aminuddin (Abdur Rohim Mawardi/Koran Pantura)

H. Hasan Aminuddin (Abdur Rohim Mawardi/Koran Pantura)

“Kaum perempuan sangat kreatif. Banyak yang bisa dihasilkan oleh ibu-ibu. Kreativitas inilah yang diperlukan oleh keluarga dan lingkungan. Kalau kreativitas-kreativitas ini dimaksimalkan, saya yakin keluarga dan lingkungan, bahkan masyarakat, akan sangat terbantu. Karena pandemi ini melemahkan hampir semua sektor kehidupan,” terangnya.

Dalam hal empat pilar kebangsaan, Hasan menyebutnya sebagai inti dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan toleran di tengah masyarakat Indonesia yang penuh dengan keberagaman. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Jika tidak dilandasi dengan empat pilar tersebut, maka akan timbul banyak persoalan di negara tercinta ini,” tegas Ketua DPP Partai NasDem Bidang Agama dan Masyarakat Adat ini.

Hasan menyatakan, penegasan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pilar bangsa cukup penting dilakukan. Sebab keberadaannya merekatkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karenanya, Hasan mengajak setiap warga negara meyakini empat pilar kebangsaan tersebut. “Kita harus bersatu padu memasyarakatkan empat pilar kebangsaan ini kepada warga kita, tetangga kita, dan keluarga kita sendiri. Ini demi masa depan bangsa,” tegas Hasan. (eem)


Bagikan Artikel