Politik & Pemerintahan

3 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Tiba


PROBOLINGGO – Sejumlah 3.213 dosis vaksin Sinovac untuk Kabupaten Probolinggo, tiba pada Senin (25/1) malam. Tiga ribu dosis vaksin ini tiba dan disimpan di gudang instalasi farmasi dan pembekalan kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo yang terletak di Jl Anggrek, Kelurahan Sukabumi Kota Probolinggo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahyono mengatakan, pengiriman ribuan dosis vaksin tersebut merupakan bagian dari gelombang pertama. Total alokasi vaksin yang diterima Kabupaten Probolinggo sebanyak 6.480 dosis pada termin pertama.

“Untuk gelombang pertama ini, kita kedatangan sebanyak 3.213 dosis vaksin Sinovac. Nantinya, vaksin ini akan disuntikkan kepada sebanyak 3.213 tenaga kesehatan yang merupakan prioritas,” kata dr Shodiq yang kemarin datang langsung ke gudang instalasi farmasi untuk mengecek kesiapan cold room sebagai tempat penyimpanan sementara ribuan dosis vaksin.  

Dijelaskannya sebagai tempat penyimpanan vaksin tersebut, telah disiapkan 3 alat refrigator atau cold room di gudang farmasi. Gunanya agar memastikan agar vaksin tersebut tetap tersimpan dalam kondisi aman dan sesuai dengan suhu penyimpanannya (cold chain).

“Kami sudah siapkan 3 mesin refrigator atau cold chain dengan daya tampung hingga 8.000 dosis di gudang penyimpanan farmasi milik kami di kota Probolinggo,” jelasnya.

Lebih lanjut, dokter Shodiq menyebut bahwa proses pendistribusian ribuan dosis vaksin Sinovac itu akan dilakukan dalam minggu ini. Selanjutnya, pada 1 Februari mendatang proses vaksinasi dapat dilakukan serentak di 33 puskesmas di Kabupaten Probolinggo. 

“Kami upayakan pendistribusiannya tuntas minggu ini ke seluruh puskesmas, sehingga awal bulan depan proses vaksinasinya bisa digelar serentak bagi para nakes (tenaga kesehatan, red) yang merupakan prioritas pertama,” sebutnya. (tm/iwy)

 

 

 

 


Bagikan Artikel