Politik & Pemerintahan

Pemkab-BPS Probolinggo Ikuti Rilis Data Sensus Penduduk 2020 Secara Virtual


DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat mengikuti rilis bersama data Sensus Penduduk dan data administrasi kependudukan 2020, Kamis (21/1) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) setempat.

Kegiatan bertema menuju satu data kependudukan Indonesia secara virtual ini diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan BPS.

Kegiatan ini dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Tutug Edi Utomo mewakili Bupati Probolinggo. Turut hadir Kepala BPS setempat Bagus Sunggono, Kepala Dispenduk Capil, Munaris serta Kepala Diskominfo, Yulius Christian.

Sebelum mengikuti rilis bersama, Kepala BPS menyerahkan Berita Resmi Statistik (BRS) Rilis dari hasil SP2020 dan Data Strategis kepada Asisten Pemerintahan, dan Kepala Diskominfo. Sedang BRS rilis hasil SP2020 tanpa Data Strategis diberikan pada Kepala Dispenduk Capil.

Dalam rilis bersama itu, Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori mengatakan, rilis bersama data kependudukan ini merupakan tindak lanjut dari selesainya SP2020 yang telah dilaksanakan.

“Dasar penggunaan data kependudukan sebagai basis SP 2020 sesuai pasal 58 ayat (4) Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 digunakan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan penegakkan hukum serta pencegahan kriminal,” katanya.

Sementara Kepala BPS RI Suhariyanto menerangkan, dalam rilisnya data resmi populasi penduduk Indonesia berdasarkan hasil SP2020, yang dilakukan hingga bulan September 2020, tercatat mencapai 270.203.911 jiwa.

“Pada level nasional jumlah penduduk hasil SP2020 sudah selaras dengan data adminduk. Pada tingkat provinsi perbedaan jumlah penduduk antara hasil SP2020 dan data adminduk merupakan gambaran banyaknya penduduk yang melakukan perpindahan, baik untuk keperluan bekerja, sekolah maupun alasan lainnya. Secara berkelanjutan, pada bulan September 2021 akan dilaksanakannya Sensus lanjutan Long Form,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Tutug Edi Utomo menyampaikan apresiasi, penghormatan dan penghargaan atas kinerja all teamwork BPS. utamanya BPS Kabupaten Probolinggo yang telah merilis data Sensus Penduduk, data adminduk serta data kemiskinan 2020. “Semoga rilis data secara nasional dan daerah, mampun menjadi informasi dan inspirasi bagi pemangku kepentingan di Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel