Politik & Pemerintahan

Demi Keamanan, Sediakan Jasa Jukir di Alun-Alun


KRAKSAAN – Sepanjang tahun 2020 lalu, aksi pencurian sepeda motor kerap terjadi di alun-alun Kota Kraksaan. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, pada tahun ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo menyediakan jasa juru parkir (jukir) di taman tersebut.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, layanan jukir tersebut tidak disediakan saban hari. Tetapi dengan upaya itu ia meyakini kasus pencurian di taman alun-alun bisa ditekan, terlebih pada hari-hari ramainya pengunjung yang datang.

“Tahun 2021 ini kami jalankan jasa jukir di alun-alun Kraksaan,  tapi hanya untuk hari Jumat setelah Jumatan. Hari Sabtu dan Minggu,” katanya Rabu (20/1).

Ia memaparkan, sebenarnya proram jasa layanan jukir di alun-alun tersebut sudah digodok sejak tahun lalu. Namun, dengan keterbatasan petugas jukir yang ada, akhirnya program tersebut baru bisa dijalankan pada tahun ini.

Seiring berjalannya waktu, ia mengungkapkan jasa jukir tersebut bisa saja diadakan saban harinya. Namun, untuk saat ini pihaknya baru bisa menyediakan selama 3 hari dalam sepekan.

“Memang sudah ada rencana dari tahun lalu biar lebih aman, karena seringkali ada kejadian pencurian. Dan alhamdulillah tahun ini sudah bisa dilaksanakan,” paparnya.

Ia melanjutkan, tidak semua lokasi di alun-alun tersebut akan disediakan jasa jukir. Hanya ada 2 titik yang akan ada pelayanan tersebut, yakni sisi sebelah barat dan timur. “Memang tidak ditempatkan di depan. Selain untuk menjaga pemandangan dari depan, di area tersebut juga berdekatan dengan jalur pantura yang padat arus lalu lintasnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, dengan adanya jasa jukir tersebut, pengunjung alun-alun yang membawa kendaraan akan dikenakan retribusi. “Tetap kami tarik retribusi nanti untuk menunjang PAD,” paparnya.

Sementara itu, Ainul Jannah salah seorang pengunjung di lokasi tersebut mengaku senang dengan adanya jasa jukir tersebut. Sebab, dengan begitu keamanan di alun-alun lebih terjamin. “Baguslah, apalagi kalau hari Minggu. Itu kan banyak yang datang, pastinya kalau ada jukirnya kan aman,” katanya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel