Politik & Pemerintahan

Rapid Test 7 Kecamatan, Hampir 50 Persen


KRAKSAAN – Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo menggelar rapid test antigen masal di 7 kecamatan. Pemeriksaan yang digelar serentak itu, hingga kini sudah hampir mencapai separo target. Di setiap kecamatan tersedia 1000 alat rapid test.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica menyampaikan, pelaksanaan rapid test antigen sudah mulai sejak Selasa (5/1) lalu. Namun, pemeriksaan itu tidak dilakukan secara bersamaan. Hanya, dari tujuh kecamatan tersebut kini telah dimulai keseluruhan.

“Memang tidak sama. Tergantung kesiapan dari masing-masing tim satgas kecamatan. Kalau alatnya dan tenaga medisnya siap, bisa dimulai. Perdana dimulai oleh Kecamatan Kraksaan, dan disusul kecamatan lain. Sekarang sudah memulai semua,” ungkapnya, Kamis (7/1).

Menurutnya, di setiap kecamatan disediakan 1000 alat rapid test antigen. Ditarget dalam dua minggu ke depan bisa tercapai dan tergunakan seluruhnya. Sasaran rapid itu diantaranya  para ibu hamil dan keluarga erat. Bahkan tempat publik yang disinyalir berpotensi menjadi sarang penularan wabah Covid-19 juga disasar.

Selama 3 hari terakhir, tercatat sudah ratusan warga yang telah dilakukan pemeriksaan rapid test antigen. Lima diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Para pasien positif itu kemudian, dibawa ke ruang isolasi untuk ditangani pihak medis.

“Setiap hari kesadaran masyarakat pada rapid test antigen itu berangsur meningkat. Yang mulanya takut ini dan itu, sekarang sedikit demi sedikit mulai berani dan menawarkan diri,” jelas dokter berkacamata itu. (yek/iwy)


Bagikan Artikel