Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Minta Kades Tegakkan Prokes


GENDING – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H Hasan Aminuddin meminta Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Probolinggo lebih proaktif dalam membina para kepala desa (kades) dalam menegakkan protokol kesehatan (prokes).

Hal ini diungkapkan Hasan Aminuddin usai pelantikan ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo periode 2020-2022, Rabu (16/12) di obyek wisata Pantai Bentar, Kecamatan Gending. “Sebab, para kades (kepala desa, red) itu merupakan garda depan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ungkap Hasan.

Hasan menyatakan, saat ini kades memiliki peran penting dalam mencegah penularan Covid-19 di masing-masing desanya. Caranya ialah dengan menegakkan disiplin prokes. “Kita ini harus berfikir bagaimana mana Covid-19 ini cepat selesai. Karena, ini adalah tugas utama kita. Ingatkan warga agar tetap mematuhi protocol kesehatan,” kata Hasan.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo 2020-2022 Hasanuddin menyampaikan, sesuai visi dan misinya dalam membina dan membimbing para kades, pihaknya akan melakukan advokasi dan edukasi dalam hal apapun. Baik dalam melawan Covid-19, maupun oknum-oknum tak jelas.

“Yang jelas advokasi dan edukasi akan kami lakukan, agar tidak ada lagi yang ditakut-takuti secara psikologis,” papar Hasanuddin yang kini menjabat kepala Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan.

Ia menambahkan, masa pandemi ini menuntut dirinya dan seluruh kades untuk berfikir lebih cerdas lagi. Terutama agar bisa memberikan pelayanan terbaik dan edukasi pada masyarakat tentang wabah Covid-19.

“Kami juga akan membina dan membantu para kades untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang bahaya Covid-19. Termasuk juga siap pasang badan bilamana ada pihak yang mengusik kenyamanan para kades,” tegas Hasanuddin. (yek/iwy)


Bagikan Artikel