Politik & Pemerintahan

Eksekutif Jawab PU Fraksi Terhadap Raperda 2021


PAJARAKAN – DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna, pada Selasa (17/11). Sidang kali ini dengan agenda mendengar jawaban Bupati Probolinggo terhadap pandangan Umum (PU) Fraksi tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2021.

Rapat tersebut dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono, Forkopimda dan Jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Probolinggo. Dalam sidang itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD setempat Jon Junaedi.

Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Soeparwiyono menyampaikan jawaban dari PU Fraksi tentang R-APBD 2021 tersebut.

Dalam penyampaiannya, Soeparwiyono menjabarkan secara rinci tentang jawaban dari PU fraksi tersebut dalam sidang dengan disaksikan oleh seluruh anggota dewan dan forkopimda. Jawaban itu, di antaranya dari Fraksi Nasdem yang menyarankan kepada eksekutif untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pemerintah akan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah melalui sektor pariwisata, retribusi dan pajak. Serta peningkatan IPM dengan cara penuntasan wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas). Kemudian, upaya penurunan angka kematian ibu dan anak, upaya peningkatan daya jual beli masyarakat dan sebagainya.

Sementara itu, dikonfirmasi usai sidang, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto menyampaikan, setelah pihaknya mendengar jawaban dari eksekutif, selanjutnya pihaknya akan menggelar rapat paripurna internal.

“Dengan harapan, pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 ini bisa berjalan dengan lancar sampai akhir pembahasan nantinya. Sehingga bisa didapatkan kesepakatan tentang APBD tahun anggaran 2021,” kata politisi dari Fraksi Nasdem ini. (yek/adv)


Bagikan Artikel