Politik & Pemerintahan

Hasan Aminuddin Tinjau Lokasi Bansos


KREJENGAN – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Pasuruan – Probolinggo H Hasan Aminuddin pada Minggu (15/11) meninjau lokasi bansosnya di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Ia mengecek keberadaan bansos puluhan ribu bibit ikan lele yang ia berikan di pondok pesantren di Desa Jatiurip, Kecamatan Krejengan tersebut.

Politisi partai NasDem tersebut mengatakan, hal tersebut dilakukan guna mengetahui perkembangan bibit ikan lele yang ia berikan sekitar sebulan lalu. Kini, bansos yang berupa 64 ribu bibit lele tersebut panjangnya sudah mencapai belasan sentimeter.

“Beserta pakannya kami berikan. Ada 8 kolam, dan setiap kolamnya itu ada 8 ribu lele, alhamdulillah ikannya sehat-sehat,” katanya, kemarin.

Hasan mengaku senang dapat memberikan bantuan ke pihak pesantren. Menurutnya, penting bagi pesantren untuk ikut serta menumbukan perkembangan ekonomi, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Kemandirian pesantren itu penting. Termasuk mendidik santri agar bisa berpraktik dalam pengembagan ekonomi. Sebab, nantinya ketika sudah memasuki masa penen, perekonomian bisa meningkat,” paparnya.

Tak hanya itu, pemberian bansos ikan lele itu menurutnya juga bisa meningkatkan kesehatan santri. Sebab, menurutnya ikan lele memiliki banyak khasiat yang salah satunya adalah mengandung asam lemak omega-3 yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan otak kanan. Sehingga dengan mengonsumsi lele, dapat mendorong santri memiliki kecerdasan.

“Lele ini juga kaya akan protein dan vitamin D. Jadi semisal santri yang mengonsumsi, tentunya akan baik untuk kesehatannya. Ya kami harap, nanti ketika lele ini panen, sebelum dikonsumsi orang luar, yang mengonsumsi pertama adalah santri,” jelasnya.

Selain itu, Hasan juga mengajak pesantren-pesantren lain untuk bisa menerapkan hal serupa. Menurutnya, sudah seharusnya santri sebagai penerus bangsa bisa aktif berpartisipasi dalam rangka menumbuhkan perekonomian.

“Ini penting untuk ditiru pesantren lain. Jadi santri yang sudah hampir lulus itu bisa dilatih. Kalau yang masih MTs, jangan dulu lah. Biar fokus belajar,” paparnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Miftahul Ulum KH Abdul Wasik Hannan mengatakan, pihaknya sangat senang bisa mendapatkan bansos tersebut. Ia pun berjanji akan memperhatikan arahan dari Hasan Aminuddin. “Alhamdulillah bisa mendapatkan bansos ini.  Insha Allah 2 bulan lagi sudah bisa panen. Dan yang akan mengonsumsi pertama adalah santri,” paparnya. (ay/iwy)


Bagikan Artikel